THE ROLE OF PANCASILA EDUCATION TEACHERS IN INCREASING STUDENTS' INTEREST IN LEARNING AT SMPN 2 MAJALAYA
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v9i1.2471Keywords:
guru, minat belajar, pendidikan pancasila, siswaAbstract
Salah satu peran guru adalah menumbuhkan minat belajar. Hasil observasi yang dilakukan di SMPN 2 Majalaya menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran pada materi Pendidikan Pancasila, siswa kurang memiliki minat dan aktivitas siswa yang rendah dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah memberikan hasil terkait analisis peningkatan minat belajar siswa di SMPN 2 Majalaya melalui peran guru pendidikan Pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Simpulan yang ditarik berdasarkan uraian di atas adalah dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMPN 2 Majalaya yang dipengaruhi oleh peran seorang pendidik. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan beberapa peran guru dalam pendidikan Pancasila, antara lain berperan sebagai evaluator, fasilitator, mediator, pengelola kelas, dan demonstran.
References
A. Pasaribu, “IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DI MADRASAH,” J. EduTech, vol. 3, no. 1, pp. 12–34, 2017.
T. P. Simaremare and O. S. Rina, “PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM KEBAKTIAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KRISTEN BADAN PENDIDIKAN KRISTEN (SMPK BPK) PENABUR CIMAHI,” J. SATYA WIDYA, vol. 38, no. 1, pp. 1–11, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.uksw.edu/satyawidya
J. Siswanta, “Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini ( Studi Pada PAUD Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015 ),” INFERESI, J. Penelit. Sos. Keagamaan, vol. 11, no. 1, pp. 97–118, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.18362/infsl3.v11i1.97-118.
Daud and T. Yanuar, “Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Proses,” J. Eval. Educ., vol. 2, no. 4, pp. 134–139, 2021, doi: 10.37251/jee.v2i4.239.
L. S. I. Lumuan, A. Wantu, and U. Hamim, “PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BANGGAI TENGAH KABUPATEN BANGGAI LAUT,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 2, pp. 210–221, 2023, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Zaifullah, H. Cikka, and I. K. M, “STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEBERHASILAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI COVID 19,” Guru Tua J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 9–18, 2021.
F. Hapsari, L. Desnaranti, and W. Siti, “PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA,” Res. Dev. J. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 193–204, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254.
N. Nadia, A. Naufal, A. Indira, and A. Razali, “Pengaruh Nilai Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 31 Medan,” MESIR J. Manag. Educ. Soc. Sci. Inf. Relig., vol. 1, no. 2, pp. 371–377, 2024.
R. Nanang Gustri et al., “Definisi Dan Teori Pendekatan , Strategi , Dan Metode Pembelajaran,” Indones. J. Elem. Educ. Teach. Innov., vol. 2, no. 1, pp. 20–31, 2023.
P. Setiyowati and V. Panggayuh, “Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar smk perwari tulungagung kelas x tahun ajaran 2017/2018,” JOEICT (Jurnal Educ. Inf. Commun. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 12–21, 2019.
S. N. Kadek, I. N. Suardana, and N. M. Wiratini, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 86–97, 2020.
M. S. Saleh and S. M. Sunandar, “SURVEI MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMPN 30 MAKASSAR,” Kinestetik J. Ilm. Pendidik. Jasman, vol. 4, no. 20, pp. 55–62, 2020.
H. Hanifah, S. Susanti, and A. S. Adji, “Perilaku dan karateristik peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran,” Manazhim J. Manaj. dan Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 105–117, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim
P. A. Nurwadani et al., “Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021 / 2022,” DIKSI J. Kaji. Pendidik. dan Sos., vol. 2, no. 1, pp. 25–38, 2022, doi: https://doi.org/10.53299/diksi.v2i1.100.
D. Aprilianti, M. N. Herawati, and I. Heri, “PENGARUH PEMBERIAN HADIAH TERHADAP MINAT SISWA DALAM MENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA SMP,” Parol. (Jurnal Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 2, no. 3, pp. 427–432, 2019.
A. A. Fauzi and T. Pahlevi, “Analisis Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 449–457, 2020, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
E. P. Permana and D. Nourmavita, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR,” J. PGSD J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 10, no. 2, pp. 79–85, 2017.
N. K. Pratiwi, “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK KESEHATAN DI KOTA TANGERANG,” J. Pujangga, vol. 1, no. 2, pp. 75–105, 2015.
C. D. C. Saputri, “Kajian fenomenologi peran guru pendidikan kewarganegaraan (pkn) dalam mewujudkan minat belajar dan kemandirian siswa kelas xi di sman 1 campurdarat tulungagung,” J. rontal keilmuan PPKn, vol. 1, no. 1, pp. 14–22, 2017.
Y. Nurasiah, Andriyana, and Z. Hakim, “INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN PANCASILA Yayah,” 2023, pp. 355–366.
R. Restiara, S. Alena, S. Rahayu, Y. Wulandari, S. Tasya, and A. I. Rara, “Relevansi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan Pencerminan Nilai Pancasila dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, no. 1, pp. 14368–14378, 2024.
M. I. Birsyada, D. Gularso, and M. Fairuzabadi, “Strategi Pengembangan Pembelajaran Sejarah Masa Pendudukan Jepang di Indonesia Berbasis Diorama Museum Di Sekolah,” DIAKRONIKA, vol. 22, no. 1, pp. 76–94, 2022, doi: 10.24036/diakronika/vol22-iss1/272.
E. Sumiyati, “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN PKN SD NEGERI 09 KABAWETAN,” J. PGSD J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 10, no. 2, pp. 66–72, 2017.
Ricardo and I. M. Rini, “Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ( The impacts of students ’ learning interest and motivation on their learning outcomes ),” J. Pendidik. Manaj. PERKANTORAN, vol. 2, no. 2, pp. 188–201, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000%0AImpak
T. H. Nurgiansah, “PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER JUJUR,” J. Pendidik. Kewarganegaraan Undiksha Vol., vol. 9, no. 1, pp. 33–41, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
D. Mutmainah and Kamaluddin, “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Siswa,” Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, pp. 45–54, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
F. Hulu and J. Education, “PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 2, pp. 651–655, 2021.