THE EFFECT OF USE MODEL MAKE A MATCH & PICTURE AND PICTURE AND STUDY LEARNING STYLE ON LEARNING RESULTS OF SOCIAL KNOWLEDGE CLASS II CLUSTER XI CIBINONG-BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i1.250Keywords:
Make a Match, Picture and Picture, gaya belajar, hasil belajar IPSAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang belajar menggunakan model make a match dan picture and picture; perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik; dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kecenderungan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar IPS. Penelitian dilakukan di Gugus XI Kecamatan Cibinong dengan sampel peserta didik kelas II SDN Ciriung 02 yang berjumlah 78 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Saphiro Wilk untuk menguji normalitas data dan Uji Bartlett untuk menguji homogenitas data. Setelah itu dilakukan analisis varians (ANOVA) dua jalur untuk menguji perbedaan nilai rata-rata antar kelompok yang dilanjutkan uji Tukey HSD untuk melihat interaksi kelompok dengan mengacu pada taraf signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar IPS peserta didik yang menggunakan model kooperatif make a match dan picture and picture dengan signifikansi sebesar 0,000; terdapat perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan signifikansi sebesar 0,001; dan tidak terdapat pengaruh interaksi langsung antara penggunaan model dan kecenderungan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar IPS. Hal tersebut ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,535.