PENDIDIKAN NILAI-NILAI ISLAM PADA REMAJA PERKOTAAN

Authors

  • Mardan Umar Universitas Negeri Manado
  • Mona Fatnia Mamonto IAIN Manado2
  • Ismail Usman IAIN Manado

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i1.251

Keywords:

Nilai Islam, Bikers Subuhan Manado, Remaja, Perkotaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya pendidikan nilai-nilai Islam pada remaja perkotaan khususnya pada Bikers Subuhan Manado. Masalah penelitian yang dikemukakan adalah bagaimana upaya pendidikan nilai-nilai Islam pada Bikers Subuhan Manado, program-program yang dilaksanakan serta faktor-faktor apa yang berpengaruh dalam pendidikan nilai-nilai Islam pada remaja perkotaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pendidikan nilai-nilai Islam pada remaja perkotaan khususnya pada Bikers Subuhan Manado dilakukan dengan kegiatan subuh berjamaah dari masjid ke masjid, kajian agama Islam, dan kegiatan bersih-bersih masjid. Implementasi program kegiatan Bikers Subuhan Manado bertujuan untuk menambah wawasan remaja tentang nilai-nilai Islam, meningkatkan ibadah, tanpa meninggalkan hobi seperti berkumpul dan mengendarai motor. Faktor pendukung kegiatan pendidikan nilai-nilai Islam pada remaja perkotaan yaitu ciri khas konsep dan pendekatan pembinaan remaja, adanya media sosial sebagai sarana sosialisasi program dan wadah eksistensi remaja serta dukungan dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor psikologis remaja dan dukungan dana kegiatan.

Downloads

Published

30-04-2024

How to Cite

Mardan Umar, Mona Fatnia Mamonto, & Ismail Usman. (2024). PENDIDIKAN NILAI-NILAI ISLAM PADA REMAJA PERKOTAAN. Journal Civics And Social Studies, 4(1), 50–59. https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i1.251