ENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE

Authors

  • KOKO SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i1.255

Keywords:

partisipasi peserta didik, model cooperative learning tipe take and give

Abstract

enelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model cooperative Learning tipe take and Give dalam meningkatkan partispasi siswa dalam materi Otonomi Daerah di kelas IX E SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (action reseach) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi terhadap aktivitas siswa dan aktivitas pendidik. Hasil penelitian siklus kesatu, nilai aktivitas atau partisipasi peserta didik dalam pembelajaran sebesar 80,30%, sedangkan pada siklus kedua sebesar 96,97%. Dengan demikian telah terjadi peningkatan nilai aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran sebesar 16,67%. Kesimpulan penelitian ini dapat dirumuskan bahwa penerapan model cooperative learning tipe take and give dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran pada materi Otonomi Daerah di kelas IX E SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya.

Downloads

Published

30-04-2024

How to Cite

KOKO. (2024). ENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE . Journal Civics And Social Studies, 4(1), 95–101. https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i1.255