PEMBELAJARAN PKN BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI PENGUATAN KARAKTER BANGSA

Authors

  • H. Endang Dimyati Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v1i1.258

Keywords:

Pembelajaran PKn berbasis kontekstual, Penguatan Karakakter bangsa

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh fenomena ahir-ahir ini yang menunjukkan adanya kecenderungan sebagian masyarakat khususnya generasi muda, lebih mengagung-agungkan budaya, sistem, dan pola tata-laku kehidupan asing, ketimbang menjunjung tinggi nilai budaya bangsa sendiri. Nilai-nilai luhur bangsa yang sejatinya dipegang kuat oleh masyarakat, mulai bergeser dan bahkan ditinggalkan. Sebagai akibatnya, rasa kebangsaan dan jatidiri bangsa di kalangan generasi mudasudah mengalami erosi yang sangat tajam, hal ini dapat membahayakan kelangsungan bangsa. Masalah utama 0000pembelajaran PKn berbasis kontekstual memberikan kontribusi bagi penguatan karakter bangsa pada peserta didik SMA di kabupaten Garut.
Berdasarkan penjelasan di atas, tulisan ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan pembelajaran PKn berbasis kontekstual bagi upaya penguatan karakter bangsa dikalangan peserta didik SMA di kabupaten Garut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi para praktisi/guru PKn di lapangan dalam upaya pengembangan kesadaran berbangsa. Target khusus yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah terciptanya model penguatan karakter bangsa melalui pembelajaran PKn berbasis kontekstual.

Downloads

Published

30-04-2024

How to Cite

H. Endang Dimyati. (2024). PEMBELAJARAN PKN BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI PENGUATAN KARAKTER BANGSA . Journal Civics And Social Studies, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.31980/journalcss.v1i1.258