LITERATURE ANALYSIS: PANCASILA AS THE FOUNDATION OF ETHICS IN THE DIGITAL ERA

Authors

  • Alyssa Martjha Irawan
  • Zahira Alifia
  • Rika Sartika Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v9i1.2604

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Penguatan Karakakter bangsa, Etika sosial, Digitalisasi, Generasi muda

Abstract

Pancasila, sebagai dasar negara Indonesia, memainkan peran penting dalam membentuk etika digital di tengah perkembangan teknologi yang pesat. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji posisi Pancasila dalam literatur sebagai dasar etika digital dan penerapannya dalam perilaku bermedia masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan literature review, penelitian ini menganalisis berbagai pandangan akademik dan temuan penelitian terkait implementasi nilai-nilai Pancasila dalam ruang digital. Fokus utama artikel ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diinternalisasi dalam perilaku digital dan untuk mengidentifikasi strategi-strategi yang dapat memperkuat penerapan nilai tersebut dalam dunia maya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai Pancasila berperan penting dalam membentuk perilaku bermedia yang bertanggung jawab dan bijak. Sebagai kesimpulan, artikel ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan etika digital yang berkelanjutan di Indonesia.

References

Apriliani, N., Hardiyanti, D. S., Rizqia, S. N., Yusuf, Z. A., & Fitria, R. (2025). Pancasila sebagai solusi dalam mengatasi tantangan sosial di era digital. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 3615-3623. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3214

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 50-56.

Dahlia, L. (2024). RELEVANSI PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA PADA GENERASI MUDA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(12), 3693-3700.

Dewi, V. D. P. (2024). Kebebasan berpendapat dan pelanggaran hak asasi manusia di media sosial. Legal Studies Journal, 4(1), 82-92. https://doi.org/10.33650/lsj.v4i1.10861

Febriani, D. R., Indriyani, I., Fauziyah, A. S., Divania, A. S., & Maulidah, N. (2025). Peran Literasi Digital dalam Pembentukan Etika Sosial di Dunia Maya Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 858-865.

Hardiyanto, L., Irawatie, A., & Saryono, S. (2025). Relevansi nilai-nilai Pancasila dalam mengasah kritisisme masyarakat modern. Jurnal Citizenship Virtues, 5(1), 47-61. https://doi.org/10.37640/jcv.v5i1.2274.

Judijanto, L., Mawara, R. E., Winarto, B. R., Subakdi, S., Irawatie, A., Ikhwanudin, I., ... & Dameria, M. (2024). Pancasila: Dasar Negara dan Panduan Hidup Berbangsa. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Leobisa, J., Baun, S., Lopis, Y. S., & Saingo, Y. A. (2023). Tantangan penggunaan media sosial di era disrupsi dan peran pendidikan etika kristen. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 32-40.

Novita, N. N. I. (2023). Penguatan etika digital melalui materi “Adab menggunakan media sosial” pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik menghadapi era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73-93.

Pandie, R. D. Y. (2022). Literasi digital berbasis pendidikan Kristiani sebagai sarana pembentukan karakter era disrupsi teknologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5995-6002.

Polnaya, T., Murwani, P., & Pariela, T. D. (2023). Transformasi budaya dan interaksi sosial dalam masyarakat adat: Dampak masuknya teknologi digital. Baileo: Jurnal Sosial Humaniora, 1(1), 1-14.

Purba, H. M., Zainuri, H. S., Daffa, M. F., Nurhafizah, N., & Azhari, Y. (2024). Pendidikan karakter di era digital: Tantangan dan strategi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 2(3), 236-246.

Sartika, R., Praja, W. N., & Azis, A. (2022). Sustainable development goals: Recognition of Pancasila education materials in shaping student ethics in the digital era. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(2), 303-309. https://doi.org/10.21831/jc.v19i2.48285

Sartika, R., & Ndona, J. (2024). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 121-134.

St Fatmawati, L., Ali, A., & Yusuf, N. Y. (2024). Faktor penyebab terjadinya tindak pidana cyber bullying terhadap anak di media sosial. Almufi Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(2), 219-227.

Sugiyono, (2007), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, hlm. 81.

Syafira, A., Fitri, M., Ramadanisa, A. N., & Olivia, E. (2024). PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(4), 5012-5015.

Wibowo, A. S. P., Assyifa, A. E., & Amiarti, M. (2024). Pentingnya pendidikan Pancasila untuk membangun karakter siswa dalam menghadapi masalah hoax. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.482

Wulandari, A. T., Panggabean, S. A., Mubarok, F., & Antoni, H. (2025). Efektivitas Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Z Dalam Mencegah Disintegrasi Sosial Di Era Digitalisasi. Journal of Student Research, 3(1), 206-216.

Yunitasari, Y., & Prasetya, H. (2022). Literasi Media Digital pada Remaja Ditengah Pesatnya Perkembangan Media Sosial. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 8(1), 12-25.

Downloads

Published

11-07-2025

How to Cite

Irawan, A. M., Alifia, Z., & Sartika, R. (2025). LITERATURE ANALYSIS: PANCASILA AS THE FOUNDATION OF ETHICS IN THE DIGITAL ERA. Journal Civics And Social Studies, 9(1), 98–109. https://doi.org/10.31980/journalcss.v9i1.2604