KONTRIBUSI BAHAN AJAR PKN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN NASIONALISME DI WILAYAH RAWAN KONFLIK
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v1i1.261Keywords:
Bahan ajar, nasionalisme, kearifan lokalAbstract
Bahan ajar menjadi salah satu tonggak bagi keberhasilan pembelajaran, sebab melalui pengorganisasian bahan ajar ini, peserta didik akan ditransformasikan ilmu pengetahuan yang bermakna dan bernilai jika bahan ajar yang disampaikan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berarti bagi dirinya. Aceh merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang rawan konflik sehingga rentan dengan disintegrasi bangsa, konflik GAM dan NKRI memberikan persepsi dan pemahaman yang berbeda diantara kedua belah pihak. Berkaca dari itu, Negeri ini harus tetap utuh menjadi bangsa dan Negara yang merdeka dan berdaulat itulah yang harus dijaga oleh generasi muda bangsa ini. Setiap daerah memiliki nilai dan norma atau kearifan local yang menjadi kekayaan daerah itu untuk mengembangkan nilai dan kesadaran nasional dalam mewujudkan kokoh dan kuatnya bangsa dan Negara ini diatas Bhineka Tunggal Ika. Melalui pendidikan dan pembelajaran lah yang lebih efektif dalam upaya membangun nilai-nilai nasionalisme itu agar tidak tercerabut dalam akarnya.