THE ROLE OF TEENS OF THE JAMI AL-HIDAYAH MOSQUE IN ANTICIPATION OF JUVENILE DELINQUENCY IN CIPAKU VILLAGE, MEKARSARI VILLAGE, CILAWU DISTRICT, GARUT REGENCY

Authors

  • Supriadi Supriadi Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Tetep Tetep

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v9i1.2697

Keywords:

Peran Remaja Mesjid, Mengantisipasi Kenakalan Remaja

Abstract

Remaja merupakan persiapan hari ini untuk harapan di masa yang akan datang. Masalah kenakalan remaja merupakan sebuah tema aktual yang banyak dibicarakan di kalangan orang tua, para pendidik, lembaga-lembaga sosial keagamaan dan bahkan Pemerintah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan Remaja Mesjid Jami Al-Hidayah dalam mengantisipasi kenakalan remaja di Kampung Cipaku Desa Mekarsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Tujuan penelitian ini adalah  bagaimana upaya yang dilakukan Remaja Mesjid Jami Al-Hidayah dalam mengantisipasi kenakalan remaja di Kampung Cipaku Desa Mekarsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penulis menyebarkan angket kepada 50 responden yang menjadi sampel penelitian. Dan melakukan wawancara dengan pengurus mesjid Jami Al-Hidayah , hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Remaja Mesjid Jami Al-Hidayah dalam mengantisipasi kenakalan remaja di Kampung Cipaku Desa Mekarsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut sudah berjalan dengan baik, hal ini terlihat dari diberikannya pemahaman kepada remaja lainnya mengenai pentingnya ajaran-ajaran agama.

 

Kata Kunci: Peran Remaja Mesjid, Mengantisipasi Kenakalan Remaja

References

Ali,M, Asrori,M. (2016). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara. Jakarta

Ahmadi, A. (2015), Ilmu Pendidikan. Jakarta Rineka Cipta.

Abadi, Hayat Yusuf. 2003. Pengaruh Persepsi Tentang Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi di Kota Kendari. Surabaya: Universitas Airlangga (Tesis)

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Hurlock, Elizabet. (2013). Perkembangan Anak, Elangga. Jakarta.

Handayani, R. (2020), Metodologi Penelitian Sosial, Bantul: Russmedia Grafika.

https://irmas-kertomulyo.blogspot.com/2016/12/pengertian-organisasi-remaja-masjid.html. Diakses 18 Juli 2025

Kartono, (2017). Kartini. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). CV . Mandar Maju, Bandung.

Kurniati, S. (2022) Metode Pembelajaran LBS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jawa Tengah: Penerbit NEM.

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif disertai contoh praktis. Jakarta: Kencana

Listyani, Ratna E. Psikologi Remaja. Aneka Ilmu, Semarang, 2015.

Nasih Ulwan, Abdullah. ikan Anak dalam Islam. Pustaka Amani, Jakarta, 2017

Peraturan Pemerintah no.73, (1991), Tentang Pendidikan Luar Sekolah.

Purwanto Ngalim, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004

Soekanto, (2017), Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta, Raja Grafindo Persada..

Surakhmad,W. (1990). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar-Dasar Metode Dan Teknik. Bandung.

Suwarno, Sarlito W. (2013). Psikologi remaja. Rajawali press, jakarta.

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Nisrina, Putri (2021) pemikiran Prof.Dr. Zakiah Daradjat Tentang Pembinaan Moral Remaja di Indonesia. Undergaduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Nurul Azmi. (2015). Potensi emosi remaja dan perkembangan. Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1). http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/download/50/49, 36-46

Downloads

Published

29-07-2025

How to Cite

Supriadi, S., & Tetep, T. (2025). THE ROLE OF TEENS OF THE JAMI AL-HIDAYAH MOSQUE IN ANTICIPATION OF JUVENILE DELINQUENCY IN CIPAKU VILLAGE, MEKARSARI VILLAGE, CILAWU DISTRICT, GARUT REGENCY. Journal Civics And Social Studies, 9(1), 121–127. https://doi.org/10.31980/journalcss.v9i1.2697