Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Jenis-Jenis Pesawat Sederhana Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i2.290Keywords:
Teknik Jigsaw, Pesawat Sederhana, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya proses pembelajaran dan perolehan hasil belajar yang tidak seimbang antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor di SD Negeri Tebet Barat 01 Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Subjek penelitian dilakukan di kelas V SD dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Perbaikan di titik beratkan pada pemilihan model pembelajaran, agar model yang dipilih lebih mengutamakan keterlibatan siswa secara efektif di dalam memahami dan menerapkan konsep yang dipelajarinya, model yang dimaksud adalah model penerapan metode pembelajaran koperatif teknik jigsaw. Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep jenis-jenis pesawat sederhana melalui model koperatif teknik jigsaw diawali dengan menyusun perencanaan pembelajaran yang mengacu pada KTSP 2006, pelaksanaan pembelajaran melalui alur (a) Pengungkapan pengetahuan awal, (b) Eksplorasi, (c) Diskusi dan Penjelasan konsep dan (d) Pengembangan dan Aplikasi konsep. Dari data hasil analisis terhadap pengetahuan awal siswa, terbukti bahwa pemahaman terhadap konsep jenis-jenis pesawat sederhana siswa masih sangat minim. Dalam proses pembelajaran IPA, siswa mengalami perkembangan dalam aspek keterampilan mengamati, mengkomunikasikan, berdiskusi. Sikap ilmiah siswa pun mengalami peningkatan baik selama proses pembelajaran maupun setelah proses pembelajaran diantaranya; sikap bekerja sama, dan sikap ingin tahu. Aktivitas di luar jam pelajaran dari siklus I pertemuan 1, siklus I pertemuan 2, siklus II pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2 semakin berkurang dan pembelajaran semakin efektif dan tentunya menyenangkan. Pada siklus I pertemuan 1 hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai 63,50. Pada siklus I pertemuan 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70,83 dari siklus sebelumnya. Pada siklus II pertemuan 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81,00 dari siklus sebelumnya. Dan siklus II pertemuan 2 rata–rata nilai 87,40. Peningkatan hasil belajar ini sebagai bukti bahwa model koperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep jenis-jenis pesawat sederhana pada pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar dalam II siklus tindakan.