Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Ciri-Ciri Lingkungan Yang Sehat Dan Tidak Sehat Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual

Authors

  • Dermawati Samosir SD Negeri Manggarai 05

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i2.291

Keywords:

Pemahaman Konsep, Ciri Ciri Lingkungan yang Sehat dan Tidak Sehat, Penerapan Pendekatan Konstrektual

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar dari berbagai pendekatan pembelajaran yang sesuai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Manggarai 05 Kecamatan Tebet Jakarta Selatan pada mata pelajaran IPA tentang Konsep lingkungan yang sehat dan tidak sehat melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, data yang diambil adalah siswa kelas III yaitu dengan teknik penerapan pendekatan konstekstual. Data hasil belajar IPA diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I dan II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,8 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 70,9, rata-rata siklus II meningkat menjadi 84,0. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32 %.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran di SD Negeri Manggarai 05 Kecamatan Tebet Jakarta Selatan sebesar 0.315 point atau 31,5 %.

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Dermawati Samosir. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Ciri-Ciri Lingkungan Yang Sehat Dan Tidak Sehat Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual . Journal Civics And Social Studies, 2(2), 13–25. https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i2.291