Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Tema Kesehatan Di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Tebet Timur 07 Kecamatan Tebet Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i2.292Keywords:
Pembelajaran terpadu, hasil belajar, kesehatanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hamper sebagian besar jumlah siswa kelas 1 SD Negeri Tebet Timur 07 Kecamatan Tebet Jakarta Selatan memperoleh nilai mata pelajaran IPS di bawah70 yang ditetapkan sebagai nilai KKM. Nilai KKM merupakan nilai yang dijadikan acuan keberhasilan tercapainya hasil belajar siswa yang diharapkan kenyataan ini menuntut adanya perbaikan hasil pembelajaran. Pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru yaitu dengan cara menyampaikan setiap mata pelajaran masih terpisah pisah walaupun sudah memakai RPP Tematik Guru menyampaikan pelajaran kebanyakan Calistung (menulis, membaca dan menghitung). Pembelajaran diperbaiki dengan menerapkan Model Pembelajaran Terpadu untuk meningkatkan hasil pembelajaran Tema Kesehatan mengenai Rumah Sehat. Dengan tujuan untuk mengetahui rencana pelaksanaan pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Untuk melaksanakan model pembelajaran terpadu diperlukan perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan menyusun jarring laba-laba yang berfungsi untuk melihat keterkaitan antara kompetensi dasar dalam setiap mata pelajaran. Selain itu jarring laba-laba untuk memudahkan penelitian menentukan indicator pencapaian hasil belajar siswa, model pembelajaran terpadu siswa belajar tidak di kelas saja melaikan siswa belajar di luar kelas, gunanya untuk pembelajaran dimulai dari yang kongkrit ke abstak. Peneliti mencoba melakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus 4 pertemuan. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan ,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi Dalam hasil penelitian ditemukan adanya peningkatan hasil pembelajaran IPS dengan tema kesehatan dengan menerapkan pembelajaran terpadu. Hal ini tampak pada proses kegiatan pembelajaran Tema Kesehatan (Rumah sehat) yang telah dilakukan pada ketiga siklus tindakan, yaitu siswa lebih aktif dalam kegiatan diskusi baik kelompok maupun diskusi kelas. Siswa berani berbicara dan menjawab pertanyaan, perhatian siswa terhadap prestasi hasil diskusi kelompok meningkat. Hasil pembelajaran siswa meningkat dibuktikan dengan nilai hasil yang diperoleh siswa telah sesuai dengan nilai KKM yang ditentukan. Hanya beberapa orang siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM.