Penerapan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Dalam Konsep Benda-Benda Langit Di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Jagakarsa 14 Pagi

Authors

  • N. Nunung SD Negeri Lenteng Agung 11

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i2.294

Keywords:

pendekatan inkuiri, keterampilan proses, benda-benda langit

Abstract

Implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing diketahui melalui data observasi sedangkan efektivitas implementasi pembelajaran inkuii terbimbing serta peningkatan keterampilan proses sains diketahui pre tes dan pos tes dengan menggunakan tes pemahaman KPS sebanyak 12 soal dan data observasi. Berdasarkan pengolahan dan analisis data diperoleh informasi bahwa implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing melalui kegiatan praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains. Begitu pula berdasarkan pengolahan data observasi eterampilan proses sains siswa saat pembelajaran mengalami kenaikan. Kesimpulannya sesuai dengan rumusan masalah yaitu rencana pembelajaran IPA dengan menggunakan keterampilan proses siswa melalui pendeklatan inkuiri dalam konsep benda-benda langit di kelas I SD Negeri Lenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan, meningkatkan aktivitas siswa kelas I melalui pendekatan inkuiri dalam pembelajaran sains terhadap konsep benda-benda langit, mengupayakan hasil belajar siswa melalui pendekatan inkuiri dalam pembelajaran sains melalui konsep benda-benda langit kelas I di SD Negeri Lenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan.Saran dengan pembelajaran inkuiri terbimbing maka penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sains dengan gambaran meningkatnya IPK siswa.

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

N. Nunung. (2024). Penerapan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Dalam Konsep Benda-Benda Langit Di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Jagakarsa 14 Pagi . Journal Civics And Social Studies, 2(2), 74–84. https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i2.294