THE EFFECTIVENESS OF USING VIDEO TUTORIAL TO IMPROVING LEARNING MOTIVATION OF CIVIC EDUCATION (
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i2.296Keywords:
video tutorial, civics learning, learning motivationAbstract
Era globalisasi telah menyebabkan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk dalam dunia pendidikan dan pembelajaran. PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang masih dianggap jenuh, oleh karena itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi pendukung bagaimana pembelajaran PKn menjadi lebih menarik. Media video tutorial merupakan salah satu sarana yang efektif untuk menyampaikan pesan pembelajaran PKn. Dalam penelitian ini tujuan utama yang penulis ulas adalah motivasi belajar dan penggunaan media video tutorial serta efektivitasnya dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri 19 Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Desig pada siswa kelas X MIPA 6. Hasil analisis data uji hipotesis menggunakan uji uji t dengan (Ha) penelitian diterima, artinya jika nilai PKn Kelas X pelajaran lebih dari 70 maka terdapat peningkatan yang signifikan efektivitas penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, diperkuat dengan rata-rata hasil tes meningkat, sebelum menggunakan video tutorial pretest = 39,80 setelah penggunaan posttest = 73,47. Uji koefisien korelasi mempunyai hubungan yang signifikan dengan (r) = 0,809 artinya tingkat hubungan kedua variabel “Sangat Tinggi”, koefisien determinasi (d) = 65,5% dapat dikatakan penggunaan media video tutorial mempunyai pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 65,5% sisanya 34,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media video tutorial sebagai media pembelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 19 Kabupaten Garut. Sehingga diharapkan guru dapat memanfaatkan berbagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.