Penerapan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perpindahan Energi Panas Dan Listrik
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i2.297Keywords:
Cooperative learning, hasil belajar, energi panas dan listrikAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).Beranjak dari hal tersebut maka permasalahan yang dicoba diatasi melalui penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran bermakna bagi siswa.Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 30 orang siswa Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian dilakukan dalam dua siklus 4 pertemuan. Siklus pertama dan kedua terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi dan tindak lanjut. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, diskusi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis, diolah, dideskripsikan, didiskusikan dan dikaji ulang bersama-sama guru mitra, kemudian direfleksi sebagai bahan pertimbangan pada tindakan selanjutnya.Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa tentang sumber daya alam melalui pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA di kelas IV dapat meningkat dengan baik. Siklus I Pertemuan 1 sebesar 61,33 dengan ketuntasan belajar 63,33%. Siklus I Pertemuan 2 sebesar 64,28 dengan ketuntasan belajar 76,67%. Siklus II Pertemuan 1 sebesar 79 dengan ketuntasan belajar 86,67%. Dan Siklus II Pertemuan 2 sebesar 85,71 dengan ketuntasan belajar 96,67%.