Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Bilangan Loncat Dengan Menerapkan Garis Bilangan

Authors

  • Hj. Mulyani S. SD Negeri Manggarai 17 Pagi

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v3i1.298

Keywords:

Pemahaman, Bilangan Loncat,, Garis Bilangan

Abstract

Bilanganloncatadalah salah satubagiandaripembelajaranmatematikatentangbilangan. Siswakelas 1 SD Negeri Manggarai 17 PagiKecamatanTebet Jakarta Selatan mengalamikesulitandalammengurutkanbilanganloncattersebutbaiksecaraberurutmajumaupunsecaraberurutmundurapalagidala mmenentukanangka di posisi-posisitertentu, haliniterlihatdaricontoh salah satuhasilulangansiswa yang memperolehnilaikurangmemuaskan, sehinggaperluadanyapenelitianuntukmengetahuilatarbelakangmasalahnya dan mencaristrategiataucarauntukmencarisolusi yang terbaik agar konsepbilanganloncatmudahdipahami oleh siswa. Tujuandiadakanpenelitianiniadalahpertama, untukmengetahuiaktivitassiswadalammeningkatkanpemahamanmengurutkanbilangansecaraloncatdenganmenggunakangarisbil angan, keduauntuk mengetahuipenerapangarisbilangandapatmeningkatkanpemahamansiswatentangkonsepbilanganloncat. Metodepenelitianinimenggunakan. model PenelitianTindakan Kelas yang menggunakansistem spiral yang terdiridariduasiklus. Tiapsiklusdimulaidarirencana (planning), kemudiantindakan (acting), dilanjutkandenganobservasi (observing) daritindakan yang telahdilakukan, dan yang terakhiradalahrefleksi (reflecting). Setiaptahapantersebutberfungsisalingmenguraikankarena pada masing-masingtahapanmeliputi proses penyempurnaan yang harusdilaksanakansecaraterusmenerussehinggamendapatkanhasil yang diinginkan. Ternyatapenerapangarisbilangandapatmeningkatkanaktivitassiswadalammemahamibilanganloncat, haliniterlihatdaripeningkatannilai rata-rata kelasataupunnilai rata-rata kelompokdalammenyelesaikanevaluasi pada setiapakhirsiklus danpenerapangarisbilangandapatdirekomendasikanuntukbahasan lain yang masihrelevan dan efektifsekalipundalamsituasi dan kondisi yang berbeda.

Downloads

Published

04-05-2024

How to Cite

Hj. Mulyani S. (2024). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Bilangan Loncat Dengan Menerapkan Garis Bilangan . Journal Civics And Social Studies, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31980/journalcss.v3i1.298