Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Bilangan Loncat Dengan Menerapkan Garis Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.31980/journalcss.v3i1.298Keywords:
Pemahaman, Bilangan Loncat,, Garis BilanganAbstract
Bilanganloncatadalah salah satubagiandaripembelajaranmatematikatentangbilangan. Siswakelas 1 SD Negeri Manggarai 17 PagiKecamatanTebet Jakarta Selatan mengalamikesulitandalammengurutkanbilanganloncattersebutbaiksecaraberurutmajumaupunsecaraberurutmundurapalagidala mmenentukanangka di posisi-posisitertentu, haliniterlihatdaricontoh salah satuhasilulangansiswa yang memperolehnilaikurangmemuaskan, sehinggaperluadanyapenelitianuntukmengetahuilatarbelakangmasalahnya dan mencaristrategiataucarauntukmencarisolusi yang terbaik agar konsepbilanganloncatmudahdipahami oleh siswa. Tujuandiadakanpenelitianiniadalahpertama, untukmengetahuiaktivitassiswadalammeningkatkanpemahamanmengurutkanbilangansecaraloncatdenganmenggunakangarisbil angan, keduauntuk mengetahuipenerapangarisbilangandapatmeningkatkanpemahamansiswatentangkonsepbilanganloncat. Metodepenelitianinimenggunakan. model PenelitianTindakan Kelas yang menggunakansistem spiral yang terdiridariduasiklus. Tiapsiklusdimulaidarirencana (planning), kemudiantindakan (acting), dilanjutkandenganobservasi (observing) daritindakan yang telahdilakukan, dan yang terakhiradalahrefleksi (reflecting). Setiaptahapantersebutberfungsisalingmenguraikankarena pada masing-masingtahapanmeliputi proses penyempurnaan yang harusdilaksanakansecaraterusmenerussehinggamendapatkanhasil yang diinginkan. Ternyatapenerapangarisbilangandapatmeningkatkanaktivitassiswadalammemahamibilanganloncat, haliniterlihatdaripeningkatannilai rata-rata kelasataupunnilai rata-rata kelompokdalammenyelesaikanevaluasi pada setiapakhirsiklus danpenerapangarisbilangandapatdirekomendasikanuntukbahasan lain yang masihrelevan dan efektifsekalipundalamsituasi dan kondisi yang berbeda.