This is an outdated version published on 12-12-2023. Read the most recent version.

IMPLEMENTATION OF DRIVING SCHOOLS IN FORMING PANCASILA STUDENT PROFILES

Authors

  • Alin Gustiana SMP Negeri 1 Karangtanjung
  • Dinar Sugiana Fitrayadi SMP Negeri 1 Karangtanjung
  • Febrian Alwan Bahrudin

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v7i2.490

Keywords:

Implementasi, Sekolah Penggerak, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Sekolah Penggerak Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Penggerak SMP Negeri 1 Karangtanjung Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Sekolah Penggerak dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila yaitu dengan melaksankan dua pembelajaran yang berbeda namun saling keterkaitan, yaitu pembelajaran intra atau umum dan pembelajaran projek yang ditentukan dengan tema. Selain itu kepala sekolah mempunyai peranan yang penting dalam proses pembentukan Profil Pelajar Pancasila dan pengembangan tenaga pendidik. Adapun kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah, guru dan peserta didik dapat diatasi dengan adanya kordinasi dan kerja sama dengan pemerintah, baik antar guru, orang tua peserta didik ataupun dengan pendamping ahli maupun dinas pendidikan.

References

Aimar, F., & Faridah. (2022, Januari). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Pembelajaran, 14(1), 82-88.

Astawa, I. M. (2021, Maret 03). bpmpntb kemendikbud. Dipetik November 12, 2022, dari Kemendikbud: http://bpmpntb.kemendikbud.go.id/artikel/30/program-sekolah-penggerak-sebagai-kasalisator-dalam-penjaminan-dan-peningkatan-mutu-pendidikan

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap karakter Siswa Di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 138-150.

Kemendikbud. (2021, Februari). sekolah.penggerak.kemendikbud.go.id. Dipetik Oktober 9, 2022, dari Kemendikbud: https://sekolah.penggerak.kemendikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/paparan-program-penggerak.pdf

Kholifatunauroh, Damanhuri, & llmiah, W. (2023). Analisis Praktik Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Penguatan Karakter Religius Di SMPN 1 Karangtanjung. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 232-241.

Kurniastuti, R., Nuswantari, & Feriandi, Y. A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 1, 445-451.

Makarim, N. A. (2021, Februari 02). ditpsd kemendikbud. Dipetik Oktober 9, 2022, dari Kemendikbud: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/public/artikel/detail/kemendikbud-luncurkan-program-sekolah-penggerak

Mubarok, Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Tasikmalaya: Cv. Pustaka Turats Press.

Satria, R., Adiprima, P., & dkk. (2022). Panduan Pengembangan Projrk Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbud RI.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., & dkk. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zamjani, I., Aditomo, A., & dkk. (2020). Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Tim Inovasi Kemendikbud.

Downloads

Published

12-12-2023

Versions

How to Cite

Alin Gustiana, Dinar Sugiana Fitrayadi, & Febrian Alwan Bahrudin. (2023). IMPLEMENTATION OF DRIVING SCHOOLS IN FORMING PANCASILA STUDENT PROFILES. Journal Civics And Social Studies, 7(2), 12–20. https://doi.org/10.31980/journalcss.v7i2.490