This is an outdated version published on 29-05-2024. Read the most recent version.

Analysis of Si Pitung's Ethnomathematics-Based Home Study of Geometry Concepts in Elementary Schools

Authors

  • Alinda Listiyani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dian Anggraeni Maharbid Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v7i2.491

Keywords:

Geometry, ethnomathematics, Si Pitung House

Abstract

Geometri adalah cabang dalam ilmu matematika yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan materi yang diajarkan cukup sulit dibandingkan dengan materi yang lainnya. Berdasarkan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, anak-anak yang berada pada tingkat sekolah dasar berada dalam tahap operasional konkrit. Pada tahap ini cara berpikir siswa sekolah dasar tentang matematika masih berakar kuat pada situasi yang nyata. Etnomatematika merupakan pembelajaran dalam ilmu matematika dengan menggunakan konsep-konsep yang berkaitan dengan budaya lokal. Selain itu dengan memasukkan etnomatematika ke dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai pengenalan budaya melalui lingkungan disekitar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin menganalisis lebih dalam terkait struktur bangunan Rumah Si Pitung dengan menggunakan konsep geometri bangun ruang melalui konteks budaya atau etnomatematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi deskriptif budaya, dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tujuan dari teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk mendapatkan pemahaman tentang konsep geometri bangun ruang pada struktur bangunan Rumah Si Pitung. Sedangkan tujuan dari teknik wawancara yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk mengumpulkan lebih banyak data dan informasi mengenai konsep geometri bangun ruang yang terdapat pada struktur bangunan Rumah Si Pitung. Hasil penelitian ini yaitu ditemukan adanya konsep geometri bangun ruang, seperti kubus, balok, limas, prisma, tabung dan bola pada struktur bangunan Rumah Si Pitung.

 

References

Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122.

Aledya, V. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA. https://www.researchgate.net/publication/333293321

Anggareni Maharbid, Dian. 2019. PENGEMBANGAN PROTOTIPE MOBILE GAME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia

Yanti, D., & Haji, S. (2019). Studi Tentang Konsep-Konsep Transformasi Geometri Pada Kain Besurek Bengkulu. JNPM (Jurnal Nasional PendidikanMatematika),3(2),265

Muslimin, T. P., & Rahim, A. (2021). ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL ANAK MAKASSAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA SD.

Suwarsono, S. (2020). Etnomatematika dan Kontekstualisasi Pendidikan Matematika. Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter, 125-143.

Farah, R. A. (2018). Pembelajaran matematika materi geometri di SD Al Hikmah Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3).

Filiestianto, G., & Zalzabilla Al-Jabar, S. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA RUMAH PANGGUNG BETAWI SI PITUNG DALAM PANDANGAN AKTIVITAS FUNDAMENTAL MATEMATIS BISHOP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4).

Sugiyono. (2017). Metode Pelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Prijana & Yanto, A. (2018). Metode Penelitian kualitatif (H.S Massie (ed): 1st ed). CV. Pustaka Utama.

Downloads

Published

12-12-2023 — Updated on 29-05-2024

Versions

How to Cite

Alinda Listiyani, & Dian Anggraeni Maharbid. (2024). Analysis of Si Pitung’s Ethnomathematics-Based Home Study of Geometry Concepts in Elementary Schools. Journal Civics And Social Studies, 7(2), 21–31. https://doi.org/10.31980/journalcss.v7i2.491 (Original work published December 12, 2023)