Model Concept Sentence: Upaya Mengasah Keterampilan Menulis Eksposisi pada Siswa dengan Tingkat Minat yang Beragam

Authors

  • Selvia Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • yulia Adiningsih Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Sukardi Muhamad Universitas Muhammadiyah Bogor Raya

Keywords:

Concept Sentence, Menulis Eksposisi, minat menulis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks eksposisi siswa SMP, ditandai dengan hanya 35% siswa yang mencapai KKM. Rendahnya minat menulis serta penggunaan metode ceramah yang masih dominan menjadi faktor utama permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Concept Sentence dan minat menulis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Puraseda Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2×2. Sampel penelitian terdiri atas 60 siswa yang dipilih secara acak dari dua kelas. Data dikumpulkan melalui angket minat menulis dan tes menulis teks eksposisi, kemudian dianalisis menggunakan ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Concept Sentence terhadap keterampilan menulis teks eksposisi dibandingkan metode ceramah; (2) minat menulis berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis eksposisi; dan (3) terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan minat menulis. Rata-rata skor tertinggi diperoleh pada kelompok siswa dengan minat menulis tinggi yang diajar menggunakan model Concept Sentence. Temuan ini mengimplikasikan bahwa model Concept Sentence efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis, terutama bagi siswa dengan minat tinggi, sekaligus menjadi alternatif strategi pembelajaran bahasa Indonesia yang berpusat pada siswa.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Selvia, Adiningsih, yulia, & Muhamad , S. (2025). Model Concept Sentence: Upaya Mengasah Keterampilan Menulis Eksposisi pada Siswa dengan Tingkat Minat yang Beragam. Alusi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 57–67. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/alusi/article/view/3272