ANALISIS FENOMENA BULLYING SISWA KELAS TINGGI DI MI AL-IJABAH

Authors

  • Zilfah Aulia Fajria Institut Pendidikan Indonesia
  • Siti Nurkamilah Institut Pendidikan Indonesia
  • Maulida Aulia Rahman Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Bullying, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena bullying siswa kelas tinggi di MI Al-Ijabah,  mengetahui  bagaimana  bentuk-bentuk  bullying  yang  dilakukan siswa-siswi  kelas tinggi dan faktor-faktor apa yang menjadi penyebab siswa-siswi melakukan  bullying  di  MI  Al Ijabah.  Pendekatan  dalam  penelitian  ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang merupakan studi kasus di MI Al-Ijabah. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakkan teknik observasi, wawancara,  angket/kuisioner,  dan  dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, fenomena bullying yang terjadi di sekolah MI Al-Ijabah terdapat bentuk bullying verbal dimana pelaku sering kali memanggil nama korban dengan sebutan nama orang tua. Selanjutnya dalam bentuk fisik sering kali siswa-siswi memukul, mendorong, menendang dan mencubit.  Kemudian, Relasional dimana terdapat siswi kelas IV dan VI yang selalu diabaikan teman-temannya. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa-siswi melakukan bullying diantaranya faktor keluarga, faktor sekolah, dan lingkungan (teman). Cara yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah bullying yaitu komunikasi dengan pelaku dan korban, berdiskusi, menasehati, menegur, memberikan arahan dan bimbingan, menekankan  kepada pelaku, hukuman dan sanksi, mengajari anak dengan perilaku positif, memberikan kesibukan positif, dan pelaporan.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Fajria, Z. A., Nurkamilah, S., & Rahman, M. A. (2025). ANALISIS FENOMENA BULLYING SISWA KELAS TINGGI DI MI AL-IJABAH. Bale Aksara , 6(1), 29–35. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/baleaksara/article/view/2585

Issue

Section

Articles