PENGARUH MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Keywords:
Media Film Pendek, Keterampilan MenyimakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui derajat kesadaran dan derajat keterampilan yang membentuk siswa yang relatif stabil.Salah satu metode yang digunakan peneliti adalah dengan menerapkan metode kuantitatif dengan kategori penelitian berbasis pengalaman dan kategori penelitian pra-eksperimental. Jumlah sampel yang diperlukan untuk penelitian ini adalah sekitar 25 siswa kelas IV. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes pretest dan posttest dengan jumlah 20 soal per tes serta dengan dokumentasi selama pembelajaran berlangsung di kelas.Hasil analisis uji T menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan film pendek terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai Thitung Ttabel yaitu sebesar 78,728 jika dibandingkan dengan Ttabel 1,708 yang menunjukkan bahwa Thitung adalah lebih besar dari Ttabel. Sebaliknya, sig (2-tailend) menampilkan nilai probabilitas dari uji t sampel independen yang menghasilkan hasil sekitar 0,0001 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam pretest dan posttest. Ekstraksi data menggunakan uji t menunjukkan terdapat perbedaan siswa menyimak pada media film pendek Berdasarkan hal tersebut di atas, terdapat korelasi positif antara hasil pretest dan posttest dengan tingkat signifikansi 0,05 dan keterampilan menyimak mencapai 95%, hal ini menunjukkan bahwa media film pendek dapat mempengaruhi keterampilan siswa secara positif.