Meningkatkan Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok Melalui Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Putranto Sutrisno SD Negeri Tebet Timur 17 Pagi

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i1.282

Keywords:

Volume Bangun Ruang Kubus, Balok, Matematika

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep volume kubus dan balok sertakemampuan guru dalam mendesain pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.Penelitian dilandasi oleh pandangan Piaget yang beranggapan bahwa perkembangan kognitif dari setiap individu dibagi menjadi empat tahap dan setiap tahapnya memiliki karakteristik yang berbeda. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep volume bangun ruang kubus dan balok melalui penggunaan alat peraga kubus satuan. Penelitian menggunakan metode PTK model Kemmis dan MC. Taggart. Terbukti penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep volume bangun ruang kubus dan balok. Dalam proses pembelajaran terdapat perubahan positif dari diri siswa, yaitu siswa memiliki banyak aktifitas, terjadi interaksi multi arah, dan antusias siswa dalam pembelajaran menjadi lebih tinggi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Belajar Mengajar tentang konsep volume bangun ruang dengan menggunakan alat peraga kubus satuan, berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan telah berhasil menciptakan situasi belajar yang kondusif yakni siswa terlibat secara langsung pada proses pembelajaran, meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menyukai pelajaran matematika khususnya pada penggunaan alat peraga kubus satuan dalam pemahaman konsep volume bangun ruang kubus dan balok. Penggunaan kubus satuan sangat membentuk dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pemahaman siswa tentang konsep volume bangun ruang kubus dan balok sangat terbantu dengan penggunaan alat peraga kubus satuan. Nilai pemahaman siswa pada siklus 1 pertemuan bernilai rata-rata 71,77, siklus 1 pertemuan 2 sebesar 76,19, siklus 2 pertemuan 1 sebesar 80,69 dan siklus 2 pertemuan 2 sebesar 91,73 berkategori sangat baik. Terdapat peningkatan pemahaman siswa sebesar 23,96.

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Putranto Sutrisno. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok Melalui Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Dalam Pembelajaran Matematika . Journal Civics And Social Studies, 2(1), 21–35. https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i1.282