Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran IPA Materi Jenis-Jenis Tanah Di Kelas V

Authors

  • Rusnadi SDI Al Azhar 8 Kembangan

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i1.284

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL), Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai hasil belajar siswa pelajaran IPA pada pokok bahasan jenis-jenis tanah di SDI Al Azhar 8 Kembangan Jakarta Barat, hal ini ditunjukan dari hasil nilai ulangan harian yang diperoleh siswa kelas V, dari 31 siswa hanya 40% siswa yang dapat mencapai KKM yang ditentukan yaitu 50. Hal ini tidak sesuai dengan target yang diharapkan yaitu 80. Hal ini terjadi karena guru hanya mengunakan metode ceramah dan pemberian tugas sehingga diperoleh pembelajaran yang kurang efektif. Untuk pemecahan masalah ini peneliti menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA materi jenis-jenis tanah di kelas V. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA materi jenis-jenis tanah dikelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan 2 siklus 4 pertemuan, setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) pada pembelajaran IPA menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, terlihat dari hasil rata-rata yang meningkat untuk setiap siklusnya mulai dari siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata pretes 23,87, postes 47,09 dan N-Gain 30,23 siklus I P2 rata-rata pretes mencapai 26.45, postes 55.32 dan N-Gain 39.30, siklus II P1 rata-rata pretes mencapai 24.51, postes 67.41 dan N-Gain mencapai rata-rata 56.41,dan siklus II P2 mencapai rata-rata pretes 7.09, postes 82.9 dan rata-rata N-Gain mencapai 83.23. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi jenis-jenis tanah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa saran yang hendak disampaikan, antara lain: (1) Dalam proses kegiatan belajar mengajar guru mampu mengkondisikan kelas, (2) Dalam menyampaikan materi pembelajaran seharusnya guru mampu mengatasinya dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, dan (3) Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal sebaiknya guru dapat mengatasinya dengan menerapkan berbagai cara melalui pendekatan, metode, dan model pembelajaran dalam memperbaiki proses pembelajaran.

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Rusnadi. (2024). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran IPA Materi Jenis-Jenis Tanah Di Kelas V . Journal Civics And Social Studies, 2(1), 46–58. https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i1.284