Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri Pondok Pinang 02 Petang

Authors

  • Sunari SD Negeri Pondok Pinang 02 Petang

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i1.285

Keywords:

Metode eksperimen, Keterampilan Proses, Lingkungan

Abstract

PTK ini berjudul “Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA di Kelas VI SD Negeri Pondok Pinang 02 Petang Jakarta Selatan “. Penelitian ini dilakukan, karena masih banyak ditemukan di lapangan terutama di sekolah tempat peneliti bertugas bahwa pembelajaran IPA hanya dilaksanakan dengan melaui metode ceramah dan penugasan saja. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 61,50 atau di bawah nilai KKM. Begitu pun keterampilan proses sains dalam pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode eksperimen atau percobaan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana tingkat pemahaman konsep siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap lingkungan setelah melalui metode eksperimen?; (2) bagaimana tingkat keterampilan proses sains siswa setelah diterapkannya metode eksperimen? Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan tiga siklus. Indikator dan pokok bahasan pada setiap siklusnya dikembangkan dan disesuaikan dengan materi IPA kelas VI Sekolah Dasar dengan KTSP 2006. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Pondok Pinang 02 Petang Jakarta Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2017/2018 semester I, yang berjumlah seluruhnya 29 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jurnal Eksperimen, Observasi, Soal Tes Hasil Belajar, dan Angket. Adapun hasil yang diperoleh adalah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri Pondok Pinang 02 Petang Jakarta Selatan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 68,79; siklus I pertemuan 2 sebesar 76,55; siklus II pertemuan 1 80,69, dan siklus II pertemuan 2 sebesar 85,17. Demikian pula dengan keterampilan proses sains siswa setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan terutama aspek mengamati.

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Sunari. (2024). Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri Pondok Pinang 02 Petang. Journal Civics And Social Studies, 2(1), 59–79. https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i1.285