Life Skill Training and Entrepreneurship Mentoring : Effort to Maintain Functional Literacy

Authors

  • Asep Supriyatna Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v3i2.364

Keywords:

Pelatihan kecakapan hidup, pendampingan kewirausahaan , dan keaksaraan.

Abstract

Buta aksara kembali dari sebagian warga belajar yang sudah mengikuti pendidikan keaksaraan fungsional tingkat dasar terbukti adanya. Hal ini terjadi dikarenakan tidak terpelihara dan/atau tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain tingkat keaksaraan orang dewasa merupakan komponen penting dari aspek pendidikan yang dapat menaikkan indeks pembangunan manusia. Penelitianinididesaindenganmenggunakanpendekatan PenelitiandanPengembangan,  atau Research and Development dengan tehnik analisis data yang  dilakukan  dengan cara membandingkan keadaan sebelum dan sesudah menggunakan model pelatihan kecakapan hidup dan pendampingan kewirausahaan (before-after) terhadap satu kelompok (one group pretest-posttest design) dengan satu macam perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model baru terbukti  efektif  dalam upaya memelihara kemampuan keaksaraan warga belajar pendidikan keaksaraan fungsional tingkat dasar.

Downloads

Published

04-05-2024

How to Cite

Asep Supriyatna. (2024). Life Skill Training and Entrepreneurship Mentoring : Effort to Maintain Functional Literacy. Journal Civics And Social Studies, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.31980/journalcss.v3i2.364