Cooperative Learning Model Type Reciprocal Teaching In Improving Learning Outcomes

Authors

  • Nur Rizqi Arifin Universitas Galuh
  • Budi Yasri Akademi Metrologi dan Instrumentasi Kementerian Perdagangan

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v3i2.365

Keywords:

Model pembelajaran, Kooperatif Learning tipe Reciprokal Teaching, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar merupakan salah satu masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan model pembelajaran oleh pendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, N-Gain, dan Uji-t. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (Reciprokal Teaching) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Postest) dengan rata-rata nilai pretest sebesar 49,33 dan rata-rata nilai posttest sebesar sebesar 83,33. Dengan nilai N.Gain hasil belajar peserta didik dari pretest ke posttest diperoleh angka sebesar 0,66. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe reciprokal teaching dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest) dengan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe reciprokal teaching pada pengukuran akhir (Posttest) sebesar 83,33. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest) sebesar 62,33 dan hasil uji t menghasilkan  sebesar 9,09 dengan  1,67 dapat disimpulkan bahwa  >  atau 9,09 > 1,67 (Ha diterima).

Downloads

Published

04-05-2024

How to Cite

Nur Rizqi Arifin, & Budi Yasri. (2024). Cooperative Learning Model Type Reciprocal Teaching In Improving Learning Outcomes . Journal Civics And Social Studies, 3(2), 17–24. https://doi.org/10.31980/journalcss.v3i2.365