Arias Learning Model With Jigsaw Type Cooperative Settings Against Learning Outcomes

Authors

  • Yuyun Susanti Universitas Galuh
  • Ade Suherman Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Amalia Fauzi Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/journalcss.v3i2.370

Keywords:

Hasil belajar, ARIAS, Seting Kooperatif, Jigsaw

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas masih berpusat pada guru atau  teacher based learning  dan  peserta didik kurang aktif, sehingga hasil belajar tidak maksimal sehingga guru dituntut untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model pembelajaran ARIAS dengan Seting Kooperatif tipe Jigsaw dari pengukuran awal (pretest) ke pengukuran akhir (posttest) dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 58,86 dan pada pengukuran akhir diperoleh nilai rata-rata sebesar 76 sehingga diperoleh selisih sebesar 17,14.; 2) Model pembelajaran ARIAS dengan Seting Kooperatif tipe Jigsaw lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 76 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,14 sehingga diperoleh selisih sebesar 3,86.

Downloads

Published

04-05-2024

How to Cite

Yuyun Susanti, Ade Suherman, & Amalia Fauzi. (2024). Arias Learning Model With Jigsaw Type Cooperative Settings Against Learning Outcomes . Journal Civics And Social Studies, 3(2), 66–78. https://doi.org/10.31980/journalcss.v3i2.370