Exploring Math Anxiety Towards the Students’ Computer Self-Efficacy in Learning Mathematics

Authors

  • Dilla Amelia Zay Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Meyta Dwi Kurniasih Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.757

Keywords:

Efikasi Diri Komputer, Pembelajaran Matematika, Kecemasan Matematika, Computer Self-Efficacy, Learning Mathematics, Mathematical Anxiety

Abstract

Di tengah pandemi Covid-19, siswa dituntut menguasai penggunaan komputer dalam pembelajaran matematika daring. Tingkat efikasi diri yang tinggi dapat secara signifikan mengurangi kecemasan matematika siswa dan sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan matematis terhadap efikasi diri komputer dalam pembelajaran matematika, dan mengetahui hubungan antara kecemasan matematis terhadap efikasi diri komputer. Penelitian kuantitatif ini menggunakan survei untuk mengumpulkan data. Partisipan dipilih dengan menggunakan probability sampling. Angket berisi 25 soal juga diberikan kepada 200 siswa kelas 8 MTSN 7 Model Ciracas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator pada variabel kecemasan matematika menunjukkan skor rata-rata sedang dengan skor rata-rata tertinggi (3,14). Rata-rata efikasi diri komputer masih tergolong sedang dengan indikator tingkat besaran (????̅= 2,97) sebagai nilai rata-rata tertinggi. Nilai koefisien korelasi sebesar -0,193 menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan dengan derajat korelasi yang dapat diabaikan.

 

Amidst Covid-19 pandemic, students were required to master the use of computers in online mathematics learning. High level of self-efficacy could significantly reduce students’ math anxiety and vice versa. The purpose of this study was to determine the level of mathematical anxiety towards computer self-efficacy in learning mathematics, and investigate the relationship between mathematical anxiety towards computer self-efficacy. This quantitative study used survey to collect the data. The participants were selected by using a probability sampling. A questionnaire containing 25 questions were also given to 200 students in 8th grades at MTSN 7 Model Ciracas. The results revealed that all indicators in the mathematics anxiety variable showed a moderate average score with the highest average score (3.14). The average of computer self-efficacy was still moderate with a magnitude level indicator (????̅= 2,97) as the highest average value. The correlation coefficient value was -0.193 implying that there was a significantly negative relationship with a negligible degree of correlation.

References

Adi, I. N. R., & Yanti, P. E. P. (2018). Pengaruh Computer Attitude, Computer Self Efficacy, Dan Trust Terhadap Minat Menggunakan Software Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 3(1), 58–70.

Anti, M., & Susanto, R. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.1 2510.

Arens, A. K., et al. (2021). The Structure of Academic Self-Concept: A Methodological Review and Empirical Illustration of Central Models. Review of Educational Research, 91(1), 34–72. https://doi.org/10.3102/0034654320972186

Bandura, A. (1997) Self-Efficacy, The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Bunyamin, M., & Sauda, S. (2019). Pengaruh Dimensi Computer Self Efficacy (Cse) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Bina Komputer, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.33557/binakomp uter.v1i2.453

Fatmawati, J., & Laksmiwati, H. (2022). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(8).

Febryliani, I., et al. (2021). Kecemasan Siswa Sekolah Menegah Atas dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linier dalam Praktek Kelas Virtual. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 34–52. https://doi.org/10.51574/kognitif.v 1i1.12

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v1 0i1.2678

Khoirunnisa, K., & Ulfah, S. (2021). Profil Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2238–2245. https://doi.org/10.31004/cendekia.v 5i3.831

Kurniati, A. H., & Murniati. (2016). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa’. Pedagogy, 1(2), 38–45.

Maesya, F, D., Purwanto, S. E., & Nuriadin, I. (2021). Kontribusi Seft-Efficacy Dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 1–19. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i 2.6488

Naviera, W. (2017). Pengaruh Computer Self-Efficacy, Computer Anxiety dan Attitude pada System Use dan Dampaknya Terhadap User Satisfaction dan Individual Impact. Jurnal Profit, 9(2), 1–11.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i 2.932

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, 4(2), 30–36.

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68.

Permatasari, R. P. D., & Afriansyah, E. A. (2022). Kendala orang tua dalam mendampingi siswa ditinjau dari hasil belajar matematika secara online. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 27-36. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1913

Rahma, M., et al. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 97–105.

Rahmadhani, L. I. P., & Mariani, S. (2021). Kemampuan Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP Melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 289–297.

Riduwan. (2014) Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172-185.

Rusdiana, E., & Arinto, N. (2017). Respon Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1), 1–12.

Rustiana. (2004). Computer Self Efficacy (Cse) Mahasiswa Akuntansi Dalam Penggunaan Teknologi Informasi: Tinjauan Perspektif Gender. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 6(1), 29–39.

Sarwono, J. (2006) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitiatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shukla, T., et al. (2020). Factors extraction of effective teaching-learning in online and conventional classrooms. International Journal of Information and Education Technology, 10(6), 422–427.

https://doi.org/10.18178/ijiet.2020. 10.6.1401.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, M.B. (2022). Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 273. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4. 41361

Toheri, T., Kismeina, A., & Persada, A. R. (2022). Keterampilan Guru Matematika Se-Kabupaten Kuningan dalam Pemanfaatan Platform Pembelajaran Online Masa Pandemic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 269-280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1303

Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013). Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding, 90–94.

Wulandari, N. N. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Efikasi Diri, Sikap Dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 290–301.

Yasin. (2021). Pentingnya Memiliki Digital Skill Di Masa Pandemi Covid 19. Situs Resmi Komisi Nasional Pendidikan Kediri.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Zay, D. A., & Kurniasih, M. D. (2023). Exploring Math Anxiety Towards the Students’ Computer Self-Efficacy in Learning Mathematics. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 113–124. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.757

Issue

Section

Articles