Desain pembelajaran bilangan rasional berbantuan ranudo untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar peserta didik

Authors

  • Samnur Saputra Universitas Islam Nusantara
  • Usep Kosasih Universitas Islam Nusantara
  • Fahya Annisatun Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2642

Abstract

Abstract

This research is motivated by issues in the learning process, namely the limited experience and practice students have in answering questions related to rational number material. There is a need for a learning approach that facilitates students’ mathematical representation skills and learning motivation. This study aims to describe the feasibility, practicality, and effectiveness of the rational number learning design assisted by RaNuDo, as well as the mathematical representation ability of students who use the RaNuDo-assisted rational number learning. The research method used is Design Research (DR). The subjects of the study consisted of 12 seventh-grade students, a teacher, and a mathematics education expert. The instruments used include expert validation sheets, observation sheets, evaluation tests, interviews, and questionnaires. Based on the analysis results, it can be concluded that the developed design falls into the categories of highly feasible, highly practical, and effective. The average score of students’ mathematical representation ability was 83.33, which is categorized as high, and the average score of students’ learning motivation was 90.72%, which is categorized as very high.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam proses pembelajaran, yaitu terbatasnya pengalaman dan latihan siswa dalam menjawab soal-soal yang berkaitan dengan materi bilangan rasional. Diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan desain pembelajaran bilangan rasional yang dibantu dengan RaNuDo, serta kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran bilangan rasional berbantuan RaNuDo. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Research (DR). Subjek penelitian terdiri dari 12 siswa kelas VII, seorang guru, dan seorang ahli pendidikan matematika. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, lembar observasi, tes evaluasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa desain yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak, sangat praktis, dan efektif. Rata-rata skor kemampuan representasi matematis siswa adalah 83,33 yang tergolong tinggi, dan rata-rata skor motivasi belajar siswa adalah 90,72% yang tergolong sangat tinggi.

References

Munawwaroh, F., Wibowo, T., & Purwoko, R. Y. (2023). Desain Instrumen Tes Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) untuk Siswa SMA. 5(1), 1–15.

Nieveen, N., & Folmer, E. (2011). Formative evaluation in educational design research. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research – Part B: Illustrative Cases (pp. 89–101). Enschede: SLO.

Putri, N. W., & Dwijayanti, R. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Bantuan Aplikasi “Quizizz” pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Jurusan BDP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 985–991.

Rahayu, I., Istiqomah, Purnami, A. S., & Agustito, D. (2017). Penerapan Konsep 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, I(2), 634–638.

Reeves, T. C. (2000). Enhancing the worth of instructional technology research through “design experiments” and other development research strategies. In D. A. Wiley (Ed.), The Instructional Use of Learning Technologies (pp. 107–118). Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.

Saputra, M. I., Japa, I. G. N., & Simamora, A. H. (2022). Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 280–291. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49815

Sari, M. C. P., Mahmudi, Kristinawati, & Mampouw, H. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.242

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving the Quality of Education and Training. London, UK: Kogan Page.

Waruwu, F. E. M. (2021). Desain Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Meminimalkan Prokrastinasi Akademik. Seminar Nasional Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 55–65.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Saputra, S., Kosasih, U., & Annisatun, F. (2024). Desain pembelajaran bilangan rasional berbantuan ranudo untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 392–401. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2642

Issue

Section

Articles