Vol. 8 No. 1 (2019): Januari

Articles

  • Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara

    Azhari Dewita, Abdul Mujib, Hasratuddin Siregar
    1-12
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.530
  • Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Detect, Elaborate, and Review

    Tina Sri Sumartini
    13-24
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.531
  • Desain Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistik di Kelas V

    Warsito, Yeni Nuraini, Sukirwan
    25-36
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.532
  • Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis

    Mega Nur Prabawati, Tatang Herman, Turmudi
    37-48
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.533
  • Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

    Iik Nurhikmayati, M. Gilar Jatisunda
    49-60
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.534
  • Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan

    Lisnani
    61-70
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.535
  • Profil Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri

    Bagus Dwi Wicaksono, Erlina Prihatnani
    71-82
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.536
  • Pengukuran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggal

    Nena Restiana, Heni Pujiastuti
    83-94
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.537
  • Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

    Annajmi, Lusi Eka Afri
    95-106
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.538
  • Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga

    Vepi Apiati, Yeni Heryani, Siska Ryane Muslim
    107-118
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.539
  • Adversity Quotient Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Keterkaitannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif

    Eva Mulyani, Setya Wahyuningsih, Ike Natalliasari
    119-130
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.540
  • Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa

    Linda Herawati, Elis Nurhayati
    131-142
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.541
  • Perbandingan Desain Pembelajaran ASSURE dan PPSI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar

    Rostina Sundayana
    143-154
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.542
  • Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape

    Puspitasari, Novisita Ratu
    155-166
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.543
  • Proses Berpikir Siswa Bergaya Kognitif Visualizer dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Non Geometri

    M. Rohman Galih Tri Mulyo, Anisa Fatwa Sari, Azhar Syarifuddin
    167-178
    DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.544