Adversity Quotient Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Keterkaitannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif

Authors

  • Eva Mulyani Universitas Siliwangi
  • Setya Wahyuningsih Universitas Siliwangi
  • Ike Natalliasari Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.540

Keywords:

Adversity quotient, keterkaitan, IPK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Adversity quotient mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2015 dan mengetahui ada atau tidak adanya keterkaitan antara Adversity quotient dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif korelatif. Menggunakan metode korelasional yang tujuannya untuk menyelidiki sejauh mana variasi pada satu variabel berkaitan dengan variabel yang lainnya. Berdasarkan hasil analsis data penelitian, bahwa tingkat Adversity quotient (AQ) mahasiswa jurusan pendidikan matematika FKIP Universitas Siliwangi angkatan 2015 secara umum berada pada kategori AQ sedang (camper). Sebesar 66% mahasiswa memiliki AQ sedang, dan umumnya memiliki IPK dengan predikat sangat memuaskan. 1 orang mahasiswa memiliki IPK dengan predikat pujian dan memiliki AQ tinggi (climber), 1 orang mahasiswa memiliki IPK dengan predikat pujian namun AQ nya berada pada kategori peralihan dari quitter ke camper, 14 orang mahasiswa memiliki IPK dengan tidak memiliki predikat namun AQ nya sedang (camper), dan 2 orang mahasiswa memiliki IPK dengan tidak memiliki predikat namun AQ nya berada pada kategori peralihan dari camper ke climber. Serta terdapat keterkaitan yang signifikan antara Adversity quotient dengan Indeks Prestasi Kumulatif.

References

Afriansyah, E. A. (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 463-474.

Irfan, A., Anzora, & Fuadi, T. M. (2018). Analisis Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 239-250.

Russefendi, E., T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Indonesian. Bandung: Tarsito.

Siregar, I. (2016). Masalah Pembelajaran Pembuktian Matematika bagi Mahasiswa di Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 315-324.

Stoltz, P. G. (2000). Adeversity Quotient Turning Obstacles into Opportunities [Mengubah Hambatan Jadi Peluang]. Hermaya. T. Indonesian. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Stoltz, P. G. (2007). Adversity Quotient (Ed. Ke-7). Jakarta: PT. Gramedia Indonesia.

Sudarman. (2012). Adversity quotient: Kajian Kemungkinan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Aksioma vol. 1(1). 55-62.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. indonesian. Indonesian Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. indonesian. Indonesian Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2016). “Adversity quotient Sebagai acuan Guru Dalam Menberikan soal Pemecahan Masalah Matematika. Inovasi. 2(18). 62-70.

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Mulyani, E., Wahyuningsih, S., & Natalliasari, I. (2019). Adversity Quotient Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Keterkaitannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.540

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.