Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga ditinjau dari Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.476Keywords:
pemecahan masalah tahapan Polya, berpikir kritis FRISCOAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penyelesaian yang ditempuh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tahapan Polya pada siswa SMP ditinjau dari berpikir kritis FRISCO (Fokus, Reason, Inference, Situasion, Clarity, and Overview). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dan diperoleh 3 subjek yang diambil dari siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga dengan kategori berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah subjek pada tahap: (1) Memahami masalah, subjek kategori tinggi dan sedang mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat serta memenuhi kriteria berpikir kritis FRISCO, sedangkan subjek kategori rendah belum mampu (2) Menyusun rencana pemecahan masalah, subjek kategori tinggi dan sedang mampu menentukan keterkaitan antara informasi serta memenuhi kriteria FRISCO, sedangkan subjek kategori rendah tidak memenuhi kriteria; (3) Melaksanakan rencana pemecahan, subjek kategori tinggi dan sedang mampu menggunakan langkah-langkah melaksanakan rencana, serta memenuhi kriteria berpikir kritis FRISCO, kategori rendah tidak memenuhi kriteria berpikir kritis.
References
Bekti, Tri. 2014. Profil Pemecahan Masalah Berbentuk Open-Ended Berdasarkan Tahapan Polya Pada Siswa SMP Negeri 5 Salatiga Dalam Materi Lingkaran. Salatiga:Universitas Kristen Satya Wacana.
Moleong, Lexy.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.
Dewanti, SS. 2011. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kristis Mahasiswa Pendidikan Matematika Sebagai Calon Pendidik Karaketer Bangsa Melalui Pemecahan Masalah. http://publikasiilmiah.ums.ac.id. Diakses pada tanggal 29-08-2016, pukul 08.00 WIB
Ennis, Robert H. (1992). Critical Thinking: What Is It? http://www.ed.uiuc.edu/eps/PES-Yearbook/92 docs/ENNIS.HTM. Diakses tanggal 4 februari 2011. Ennis, Robert H. (1995). Critical Thinking. New Jersey: Prentice-Hall.
Novita R, Dian & Rahmawati, Ana. (2014). Profil Berpikir Kritis siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinaju Dari Kecerdasan Majemuk Sebagai Upaya dasar menentukan Strategi pemebelajaran. http://lppm.unmas.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/5-dian-novita-rohmatin-KL1.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.