Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga ditinjau dari Berpikir Kritis

Authors

  • Anita Sri Mahardiningrum Universitas Kristen Satya Wacana
  • Novisita Ratu Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.476

Keywords:

pemecahan masalah tahapan Polya, berpikir kritis FRISCO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penyelesaian yang ditempuh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tahapan Polya pada siswa SMP  ditinjau dari berpikir kritis FRISCO (Fokus, Reason, Inference, Situasion, Clarity, and Overview). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dan diperoleh 3 subjek yang diambil dari siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga dengan kategori berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah subjek pada tahap: (1) Memahami masalah, subjek kategori tinggi dan sedang mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat serta memenuhi kriteria berpikir kritis FRISCO, sedangkan subjek kategori rendah belum mampu (2) Menyusun rencana pemecahan masalah, subjek kategori tinggi dan sedang mampu menentukan keterkaitan antara informasi serta memenuhi kriteria FRISCO, sedangkan subjek kategori rendah tidak memenuhi kriteria; (3) Melaksanakan rencana pemecahan, subjek kategori tinggi dan sedang mampu menggunakan langkah-langkah melaksanakan rencana, serta memenuhi kriteria berpikir kritis FRISCO, kategori rendah tidak memenuhi kriteria berpikir kritis.

References

Bekti, Tri. 2014. Profil Pemecahan Masalah Berbentuk Open-Ended Berdasarkan Tahapan Polya Pada Siswa SMP Negeri 5 Salatiga Dalam Materi Lingkaran. Salatiga:Universitas Kristen Satya Wacana.

Moleong, Lexy.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Dewanti, SS. 2011. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kristis Mahasiswa Pendidikan Matematika Sebagai Calon Pendidik Karaketer Bangsa Melalui Pemecahan Masalah. http://publikasiilmiah.ums.ac.id. Diakses pada tanggal 29-08-2016, pukul 08.00 WIB

Ennis, Robert H. (1992). Critical Thinking: What Is It? http://www.ed.uiuc.edu/eps/PES-Yearbook/92 docs/ENNIS.HTM. Diakses tanggal 4 februari 2011. Ennis, Robert H. (1995). Critical Thinking. New Jersey: Prentice-Hall.

Novita R, Dian & Rahmawati, Ana. (2014). Profil Berpikir Kritis siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinaju Dari Kecerdasan Majemuk Sebagai Upaya dasar menentukan Strategi pemebelajaran. http://lppm.unmas.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/5-dian-novita-rohmatin-KL1.pdf.

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Mahardiningrum, A. S., & Ratu, N. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga ditinjau dari Berpikir Kritis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.476

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.