Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1334Keywords:
Systematic Literature Review, Etnomatematika, Alat Musik Tradisional, Ethnomatematics, Traditional Musical InstrumentsAbstract
Dengan mengkaji alat musik tradisional berdasar etnomatematika, siswa dapat belajar matematika dan seni dengan cara yang lebih menyenangkan dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil eksplorasi etnomatematika pada alat musik tradisional yang dapat digunakan sebagai media ajar untuk peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan dan mininjau 10 artikel terkait alat musik tradisional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada alat musik tradisional efektif digunakan dalam proses pembelajaran dan memberikan dampak positif bagi peserta didik.
By studying traditional musical instruments based on ethnomathematics, students can learn mathematics and art in a more fun and interesting way. The purpose of this research is to explain the results of ethnomathematics exploration on traditional musical instruments that can be used as teaching media for students. This study uses the SLR method (Systematic Literature Review). Data was collected by documenting and reviewing 10 articles related to traditional musical instruments. The results of this study indicate that ethnomathematics-based mathematics learning on traditional musical instruments is effectively used in the learning process and has a positive impact on students.
References
Ashari, J. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Talempong Asal Minangkabau sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika. PAKAR Pendidikan, 20(2), 77–85. https://doi.org/10.24036/pakar.v20i2.242
Badruzzaman, F. H., Purwanda, E., Harahap, E., Wardana, & Erfiyana, E. (2022). Etnomatematika Dalam Angklung dan Karakteristiknya. Jurnal Matematika, 21(1), 43–48.
Balinda, R., & Utami, N. S. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Kota Pekalongan. 1(1), 29–38. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1
Faozan, A., Trilestari, A., & Apriani, A. (2019). Analisis Struktur Pertunjukan Seni Ebeg Grup Condong Campur di Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 2(1), 1–5.
Fitriani, D., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 18. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29093
Hartono, H., & Putra, M. I. R. (2022). Desain LKM elektronik bermuatan etnomatematika pada pakaian adat Dayak Iban dan bahasa Inggris. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 293-304.
Iqrima, I., Zulkarnain, I., & Kamaliyah, K. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39-50.
Khasanah, U., Yuwono, P. H., & Irianto, S. (2020). Peran Ekstrakurikuler Kenthongan Dalam Menumbuhkan Cinta Tanah Air Pada Siswa Mi Ma ’ Arif NU Teluk. Journal Education and Development, 8(3), 21–25. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1789
Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.246
Meilina, A., Mariana, N., & Rahmawati, I. (2023). Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 45-54.
Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Novitasari, D., Sridana, N., & Tyaningsih, R. Y. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Alat Musik Gendang Beleq Suku Sasak. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–27. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.7970
Nuqthy, F., Nityana, A. H., & Navia, N. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal berbasis etnomatematika tipe multiple solutions task. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495-506.
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. (2018). A Secondary Student’s Problem Solving Ability in Learning Based on Realistic Mathematics with Ethnomathematics. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 13. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5607
Pasaribu, D. U., & Sukirwan. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Pantun Bambu Cilegon. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 165–173. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4208
Riyanti, D., Irfani, S., & Prasetyo, D. (2021). Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hajar Dewantara. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 345–354. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1833
Saptiawan, I. K. H., Suardika, I. G., & Rudita, I. M. (2021). Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android. Jurnal Fasilkom, 11(1), 1–6. https://doi.org/10.37859/jf.v11i1.2526
Sari, F. L., Sari, N. H. M., Auliya, M., Damayanti, E., & Rizqoh, M. K. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Angklung Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV, 4(Sandika IV), 409–416.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870
Simanjuntak, R. M., Ginting, A. C. P. B., Situmorang, J. D., & Pardede, A. I. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Sulim. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(01), 69–73. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Sitanggang, N. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Alat Musik Tradisional Khas Batak Toba. Jurnal Peka, 4(2), 57–61. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.851
Susanto, S., & Daniaty, H. (2023). Ethnomathematics in the Main Building of Pendapa Sabha Swagata Blambangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 493-504.
Tanggu, A., Rufina Ruba, Y., Maria Bhoko, P., Linung, F., Rosadalima Kae, E., Dungan, K., & Uge Lawe, Y. (2022). Penerapan Alat Musik Tradisional Bombardo Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. STKIP Citra Bakti, 2022, 2355–5106.
Tindarika, R., & Ramadhan, I. (2021). Kesenian Hadrah Sebagai Warisan Budaya Di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 907. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.907-926.2021
Wahyudi, I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 5(1), 71–76. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.