Media Pembelajaran Panganmewah dan Jargon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri

Authors

  • Mohammad Nurwahid Institut Alif Muhammad Imam Syafi’i
  • Sofia Ashar Institut Alif Muhammad Imam Syafi’i

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1338

Keywords:

Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Panganmewa, Jargon, Trigonometri, Learning Media, Concept Understanding, Learning Motivation, Trigonometry

Abstract

Salah satu inovasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran trigonometri adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi literatur. Jenis data yang dikumpulkan berupa hasil penelitian dari berbagai artikel, selanjutnya peneliti menganalisis, merangkum artikel-artikel yang telah dipilih, dan mengembangkan ide-ide yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran pada materi trigonometri dapat membantu pemahaman dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Media Panganmewah dan Jargon dapat dijadikan alternatif media dalam pembelajaran trigonometri khususnya pada materi perbandingan dan sudut istimewah kuadran 1.

One of the innovations to increase learning motivation and understanding of students' concepts in learning trigonometry is to use learning media. This research is a literature study. The type of data collected is in the form of research results from various articles, then the researcher analyzes, summarizes the selected articles, and develops the ideas obtained. The results showed that the use of learning media in trigonometry material can help understanding and increase student learning motivation. Fancy Food Media and Jargon can be used as alternative media in learning trigonometry, especially in comparative material and special angles in quadrant 1.

References

Alkaabi, S. A. R., Alkaabi, W., & Vyver, G. (2017). Researching Student Motivation. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 10(3), 193–202. https://doi.org/10.19030/cier.v10i3.9985

Annisa, F., Maulidiya, & Rahmawati, S. (2022). Meta Analisis Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Proceedings: Conference of Elementary Studies, 100–106.

Bernardo, A. B. I., Ganotice, F. A., & King, R. B. (2015). Motivation Gap and Achievement Gap Between Public and Private High Schools in the Philippines. Asia-Pacific Education Researcher, 24(4), 657–667. https://doi.org/10.1007/s40299-014-0213-2

Deswita, H. (2020). Respon Siswa Terhadap Alat Peraga Laga Sumatri (Ular Tangga Sudut Istimewa-Trigonometri). PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 28–40.

Dundar, S. (2015). The relationships among pre-service mathematics teachers’ beliefs about mathematics, mathematics teaching, and use of technology in China. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(6), 1363–1378. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1396a

Erny Untari. (2017). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif TipeSTADDan TPS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 35–42.

Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334.

Firdausi, I., & Suparni, S. (2022). Game Edukasi Android Deck Card untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa Materi Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1464

Hadziqoh, N., Fatwasauri, I., & Dewi, P. (2022). Penerapan Alat Peraga Trigonometri Sudut Istimewa Bagi Siswa pada SMK Yabri Terpadu Pekanbaru. Abdimas Universal, 1(2), 40–44.

Iswanto, A., & Faradillah, A. (2023). Analysis of Mathematical Reasoning Ability in Trigonometry Materials Viewed from Students' Mathematical Resilience. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 477-492.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Learning Obstacles. Didactical Mathematics, 2(1), 9–16.

Jelatu, S., Kurniawan, Y., Kurnila, V. S., Mandur, K., & Jundu, R. (2019). Collaboration TPS learning model and m-Learning based on android for understanding of trigonometry concepts with different cognitive style. International Journal of Instruction, 12(4), 545–560. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12435a

Julianti, N., & Hatiarsih, R. (2020). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Barisan dan Deret. 139–148.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Nurjanah, N., Surani, D., Riani, L., Nugraha, C., & Oktapiani, E. (2022). Efektivitas E-Modul Trigonometri Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Di Sman 5 Kota Serang. Jurnal Eduscience, 9(2), 315–323. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2663

Oktaviyanthi, R., & Sholahudin, U. (2023). Phet Assisted Trigonometric Worksheet for Students’ Trigonometric Adaptive Thinking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 229-242.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Rahayu, E., Ramadhan, S., Guswanti, N., Seprya, R., & Inmaryanto, I. (2022). Penggunaan Alat Peraga Edukatif Media Tanah Liat Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 27–36. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.437

Richi, N. N. ., & Mukhtar. (2017). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D Di Kelas Viii Smp Negeri 27 Medan. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 86–95. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8886

Rini, W. S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan BINANIAGA, 1(1), 13–20.

Santrock, J. W. (2016). Educational Psychology : Theory and Application to Fitness and Performance (sixt). McGraw-Hill Education.

Sari, M. Y., & Prihatnani, E. (2021). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dari penerapan problem solving dan problem posing pada siswa SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 471-482.

Serafin, C. (2016). The Re-conceptualization of Cooperative Learning in an Inquiry-oriented Teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 201–207. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.064

Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831

Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan Kartu Domano (Domino Matematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75

Siswanah, E. (2016). Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Matematika Iain Walisongo Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 5–17. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.131

Sultoni, A. (2018). Pembelajaran Trigonometri Materi Menentukan Tinggi Suatu Benda Berbantuan Klinometer Fleksibel. Jurnal Matematika, 1(1), 860–869.

Sundayana, R., & Parani, C. E. (2023). Analyzing Students’ Errors in Solving Trigonometric Problems Using Newman’s Procedure Based on Students’ Cognitive Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135-144.

Sur Alam, W. A., M, H., & M, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 40–54.

Syaripah. (2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Bidang Matematika di Sekolah SMAN I Curup Timur. Jurnal EduTech, 2(11), 951–952.

Utami, A. N., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan Media Smart Trigo untuk Pembelajaran Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 939–949. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.227

Zulbryanti, A. C., Wahyudi, W., & Nurhidayah, D. A. (2022). Ropitri: Media Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 300. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14160

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Nurwahid, M., & Ashar, S. (2023). Media Pembelajaran Panganmewah dan Jargon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 221–234. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1338

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.