Pengembangan Multimedia Interaktif Tipe Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa SMP

Authors

  • Dewi Ratri Puspitasari Universitas Pasundan
  • Nenden Mutiara Sari Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1483

Keywords:

Interaktif, Media Pembelajaran, Teknologi, Multimedia, Interactive multimedia, Learning outcomes, Motivation, Tutorial

Abstract

Hasil belajar matematika di sekolah masih rendah. Pembelajaran yang monoton menjadi salah satu penyebabnya. Diperlukan media pembelajaran yang dapat menstimulus siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan multimedia interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar dan motivasi siwa dengan pembelajaran matematika menggunakan multimedia interaktif tipe tutorial, dan menganalisis korelasinya. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi siswa SMP di Provinsi Jawa Barat. Sampelnya adalah siswa kelas VIII salah satu SMP yang dipilih secara random. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis mellui uji-t dan korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran multimedia interaktif tipe tutorial lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, motivasi siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan multimedia interaktif tipe tutorial, dan korelasi antara hasil belajar matematika dan motifasi siswa positif.

Mathematics learning outcomes in schools are still low. Monotonous learning is one of the causes. Learning media are needed that can stimulate students to play an active role in learning, one of which is by using interactive multimedia. The purpose of this study was to analyze student learning outcomes and motivation with mathematics learning using interactive multimedia tutorial type and to analyze the correlation. The method in this study was an experimental method with a population of junior high school students in West Java Province. The sample was graded VIII students of one of the junior high schools selected randomly. Data were collected through pretest and posttest, then analyzed through t-test and Pearson correlation. The results showed that the mathematics learning outcomes of students who received interactive multimedia tutorial type learning were better than students who received conventional learning, student motivation was positive towards mathematics learning using interactive multimedia tutorial type, and the correlation between mathematics learning outcomes and student motivation was positive.

References

Amalia, S. (2022). Media Google Classroom Berbantuan Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 211-220. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1098

Asmara, A. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Smk Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive. PJME, 6(2). https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2649

Diu, A., Mohidin, A.B., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. JAMBURA: Journal of Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613

Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301-310.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. N. (1990). How To Design and Evalute Research in Education. Library of Congress cataloging in publication Data. DOI: 10.12691/education-2-9-8

Halimah, I. N., & Indriani, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Abad 21 Bagi Siswa Sekolah Dasar. SEKOLAH DASAR: Kajian teori dan Praktik Pendidikan, 30(2).

Indofah, A. V., & Hasanudin, C. (2023). Anggapan Siswa Tentang Pelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Prosiding Seminar Nasional Daring, IKIP PGRI Bojonegoro.

Kuncahyono, & Sudarmiatin (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Indahnya Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian teori dan Praktik Kependidikan, 3(2).

Khaeruman, Sudiatmika, A. A. I. R., Suma, I.K., & Suardana, I. N. (2023). Meta Analisis: Efektifitas Multimedia Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1630-1639. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9497

Miatun, A., & Ulfah, S. (2023). The Limited Face-To-Face Learning Implementation: Gender and Math Anxiety Towards Mathematical Conceptual Understanding. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 895-908.

Muzakkir, M. A., Pomalato, & Katili, M. R. (2022). Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone Untuk Pembelajaran Matematika Dengan Tatap Muka Terbatas. Jambura: Journal of Mathematics Education 3(2), 81–92. https://orcid.org/0000-0003-0766-7142

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, Dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Rosnawati, P. (2022). Penggunaan Media Interaktif Dengan Pembelajaran Model Assure Untuk Meningkatkan Kemampuan Komuniasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Serta Self Confidence Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Pasundan Journal of Mathematics Education, 12(1), 30–43. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5006

Rukmana, R., & Fitrihidajati, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komponen Ekosistem Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(3).

Sari, et al. (2021). Pengembangan Multimedia Drill and Practice Untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Bahasa Jepang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i12021p001

Sari, D. A. K., & Setiawan, E. P. (2023). Literasi Baca Siswa Indonesia menurut Jenis Kelamin, Growth Mindset, dan Jenjang Pendidikan, Survei PISA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 8(1), 1–16. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3873

Salsabila U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(1), 104–12. doi:10.31004/JOE.V3I01.348

Triono, A., Hamdani, Fitriawan, D. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1): 22–36.

Pane, & Disopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3(2): 333–52. doi:10.24952/FITRAH.V3I2.945

PISA. (2022). Mathematics Framework.

Sumandya, I. W., Muliana, I. W., & Sumariantini, N. L. P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2). https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1680

Susanti, T., & Aryani, I. (2021). Interactive Multimedia to Improve Mathematics Learning Outcomes in Elementary School Students. Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences, Purwokerto, Central Java, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.19-7-2021.2312673

Wandini et al. (2021). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Matematika Di SDN 34 Batang Nadenggan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 384–91. doi:10.56832/EDU.V1I3.143

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih., E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of E-Learning for Mathematics on Resource-Based Learning International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(6), 60–78.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Puspitasari, D. R., & Mutiara Sari, N. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Tipe Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 127–136. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1483

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.