Pengaruh kemampuan literasi numerasi dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika soal cerita di sekolah dasar

Authors

  • Rizadewi Jayanti Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Anna Cesaria Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1441

Abstract

Problems in learning in low grades, especially grade III SD, are related to low student concentration, student difficulties in writing, reading, and difficulty counting, This does often occur and is caused by several things, one of which is differences in the character of students with one another. This study aimed to analyze the effect of numeracy literacy skills and parental support on the learning outcomes of mathematics story problems of Class III SDN 01 Simpang Selatan Elementary School. This study uses quantitative research with survey research methods. The population in this study were all third-grade students at SDN 01 Simpang Selatan, totaling 49 students. Based on the population data that has been known, the sample of this study is grade III students at SDN 01 Simpang Selatan, with as many as 49 students. The sampling technique in this study used total sampling. Data collection techniques are documentation, questionnaires, and data collection instruments. The scale used is the Likert scale. Data analysis technique with the help of the SPSS for Windows computer program. The results of this study indicate that there is an effect of numeracy literacy skills on the learning outcomes of mathematics story problems in grade III SD. There is a relationship between parental support and the learning outcomes of mathematics story problems in class III Simpang Selatan Elementary School. So there is an influence of numeracy literacy skills and parental support on the learning outcomes of mathematics story problems in elementary schools.

Masalah dalam pembelajaran di kelas rendah khususnya kelas III SD berkaitan dengan konsentrasi siswa yang rendah, kesulitan siswa dalam menulis, membaca, dan kesulitan berhitung, hal ini memang sering terjadi dan disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena perbedaan karakter siswa satu dengan yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kemampuan numerasi literasi dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika masalah bercerita di SDN 01 Simpang Selatan . Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 01 Simpang Selatan yang berjumlah 49 siswa. Berdasarkan data kependudukan yang telah diketahui, sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 01 Simpang Selatan, sebanyak 49 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, angket, dan instrumen pengumpulan data. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Teknik analisis data dengan bantuan SPSS untuk program komputer Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap hasil belajar problematika cerita matematika di kelas III SD. Terdapat hubungan antara dukungan orang tua dengan hasil belajar soal-soal cerita matematika di kelas III SDN 01 Simpang Selatan. Sehingga ada pengaruh kemampuan berhitung, kemampuan literasi, dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar problematika cerita matematika di SD.

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.

Awami, F., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkkan Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 231-243.

Bopo, G., Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi dengan Media Pembelajaran Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468-480.

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya pengembangan number sense siswa melalui kurikulum merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11-27.

Fitria, K., & Fadlillah, M. (2023). Karakteristik kecerdasan logika matematika dan implementasinya dalam pembelajaran anak usia dini. Journal of Education For All, 1(1), 1-12.

Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.

Hasan, M., Maulidyanti, H., Tahir, M. I. T., & Arisah, N. (2022). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui kegiatan literasi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(2), 477-486.

Izzatunnisa, R., & Rafianti, I. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah tahapan polya ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(4), 320-327.

Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Dan Numerasi Bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2).

Laswadi, L. (2023). Desain Lintasan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Arimatika Sosial Menggunakan Aplikasi Quizlet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Journal on Education, 6(1), 3578-3587.

Mutaf-Yıldız, B., Sasanguie, D., De Smedt, B., & Reynvoet, B. (2020). Probing the relationship between home numeracy and children's mathematical skills: A systematic review. Frontiers in Psychology, 11, 2074.

Nababan, E. B., Dirgantoro, K. P. S., Rahmadi, P., Listiani, T., & Sinaga, D. R. P. (2023). Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di Tenjo. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1-10.

Nisa, F. B., Mukhlis, M., & Maswar, M. (2020). Analisis hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 199-211.

Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 85-91.

Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19-29.

Oktaviana, R., Effendi, M. M., & Rosyadi, A. A. P. (2023). Analysis of Mathematics Learning Based on Minimum Competency Assessment in the 2013 Curriculum at SMP Muhammadiyah 1 Malang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 833-844.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Rahim, A. (2023). Strategi Peningkatan Ketrampilan Literasi dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. JSE Journal Sains and Education, 1(3), 72-79.

Rahmadani, A., Rusdi, R., Risnawita, R., & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal on Education, 6(1), 6746-6759.

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah. (2023). Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9-18.

Sa’adah, A., Ningrum, F. Z., & Farikha, N. (2021, January). Scaffolding dalam pembelajaran trigonometri berbantuan soal HOTS untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 2, pp. 167-174).

Safitra, M. D., Hafizah, Mulyono, B., & Susanti, E. (2023). Numeration-Based Teaching Materials on Algebra Shape Materials for Blended Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 375-388.

Sarnoto, A. Z. (2023). Pelatihan Literasi Numerasi Kelas Awal di Jakarta Selatan. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 7-13.

Setyani, N. H., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Pengembangan keterampilan numerasi dan kemampuan kognitif pada anak usia dini melalui media pembelajaran menggunakan bahan alam. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 55-73.

Sidiq, F., Ayudia, I., Sarjani, T. M., & Juliati, J. (2023). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 69-75.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.

Wardany, E. P. K., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 250-261.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Widyawati, A., & Setianingsih, W. (2021). Analisis representasi multiple intelligences dan SETS dalam e-comic IPA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2069-2084.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Jayanti, R., & Cesaria , A. (2024). Pengaruh kemampuan literasi numerasi dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika soal cerita di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 137–148. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1441

Issue

Section

Articles