Pengaruh Teknik Takalintar terhadap Kemampuan Proses Kognitif Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fery Muhamad Firdaus Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.526

Keywords:

Teknik Takalintar, Kemampuan Proses Kognitif Siswa, Konsep Perkalian, Takalintar Technique, Students' Cognitive Process Ability, Multiplication Concept

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah rendahnya kemampuan proses kognitif siswa pada konsep perkalian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh teknik takalintar terhadap kemampuan proses kognitif pada konsep perkalian di sekolah dasar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III semester 1 tahun akademik 2017-2018 di Sekolah Dasar Negeri Nangela sebagai kelompok eksperimen, dan di Sekolah Dasar Negeri Cipaku 03 sebagai kelompok kontrol. Sampel penelitian yaitu 20 siswa dari masing-masing kelompok. Selama proses penelitian, kelompok eksperimen diberikan teknik takalintar, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi desain Two Group Randomized Subject Posttest Only. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor kemampuan proses kognitif siswa dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji effect sizemenunjukkan nilai sebesar 0,892, dengan interpretasi termasuk pengaruh yang tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik takalintar memberikan pengaruh tinggi terhadap kemampuan proses kognitif siswa pada konsep perkalian. Oleh karena itu, teknik takalintardapat menjadi alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemampuan proses kognitif siswa sekolah dasar.

This research is motivated by the problem of the low ability of students' cognitive processes on multiplication concepts. The study aimed to determine the effect of intelligent techniques on the ability of cognitive processes on the concept of multiplication in elementary schools. The study was conducted on third-grade students of semester 1 of the 2017-2018 academic year in Nangela State Elementary School as an experimental group and in Cipaku State Elementary School 03 as a control group. Research samples were 20 students from each group. During the research process, the experimental group was given takalintar techniques, while the control
group was given conventional learning. The research approach used is a quantitative approach with the Two Group Randomized Subject Posttest Only quasi design experimental method. Data analysis was carried out by t-test. 0.05 significance level. The results showed a significant difference between students' cognitive process ability scores from the experimental group and the control group. The effect size test results show a value of 0.892, with interpretation including high influence. So it can be concluded that the takalintar technique has a high influence on the ability of students' cognitive processes on multiplication concepts. Therefore, takalintar technique can be an alternative learning that can be applied in an effort to improve the cognitive processing abilities of elementary school students. 

References

Afriansyah, E. A. (2012). Implementasi PMRI dalam Materi Sifat Komutatif dan Asosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa SD/MI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 67–72.

Afriansyah, E. A. (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal

Pendidikan Matematika, 6(3), 463–474.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D. A.(2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman.

Aristiani, N. (2013). Penggunaan Media Batang Napier dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas 3 SD 11 Belakang Tangsi Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 294-310.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fauziah, U. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Matematika Kelas III Sdn Prawit 1. Jurnal Mahasiswa Unsri, 2(2), Hal 1-17.

Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mcgraw hill.

Hutami, Y, F., Amir & Hadiyah. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier Terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian Bilangan

Cacah Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Pangeran Diponegoro Wonosobo Tahun 2012. Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo), 3(1), 1-6.

Matitaputy, C. (2016). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113–119.

Rosa, F. C. (2017). Eksplorasi Kemampuan Kognitif Siswa Terhadap Kemampuan Memprediksi, Mengobservasi dan Menjelaskan Ditinjau Dari Gender. JPF Jurnal Pendidikan Fisikan universitas Muhammadiyah Metro, 5(2), 111-118.

Sari, Y. P., Amilda, & Syutaridho. (2018). Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Radenfatah, 1(2), 144-164.

Sarumaha, Y. A., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2018). Percentage Bar: A Model for Helping Fifth Grade Students Understand Percentages. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 155–166.

Sobel, Max A., Evan M. & Maletsky. (2002). Mengajar Matematika: Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas, dan Strategi Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Suwarto. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 285–294.

Waqi’ah, N. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Alat Peraga Batang Napier. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 74-81.

Wardana, M. Y. S. & Damayani, A. T. (2017). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 451–462.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Firdaus, F. M. (2018). Pengaruh Teknik Takalintar terhadap Kemampuan Proses Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 445–454. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.526

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.