Exion Math: An Interactive Digital Question Bank Design for Middle School Mathematics

Authors

  • Fertilia Ikashaum Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Sri Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.777

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Website, Bank Soal Digital, learning evaluation, question bank

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kumpulan soal terpadu yang dapat diakses siswa dengan mudah. Bahan ajar yang dimiliki siswa di sekolah tidak dapat memberikan umpan balik berupa skor akhir dan pembahasan dari setiap soal. Terlebih lagi lembar soal yang sering dimiliki siswa memiliki tampilan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bank soal matematika SMP berbasis digital dan interaktif yang valid dan layak digunakan siswa. Bank soal tersebut berupa website yang dapat diakses oleh seluruh siswa tanpa berbayar. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe development study yang terdiri dari preliminary design dan formative evaluation. Data diperoleh melalui angket dan dianalisis menggunakan kategorisasi penilaian. Subjek penelitian terdiri dari dosen, guru, dan siswa sesuai tahap penelitian. Hasil penelitian menunjukkan web bank soal bernilai valid berdasarkan penilaian validator dan dapat digunakan oleh semua kalangan secara terbuka.

A question bank is an accessible website provided for all students free of charge. This study was  initiated due to the lack of a accessible collection of integrated questions banks. Teaching materials at school did not provide feedback such as a final score and explanation of each question. Furthermore, the question sheets showed an unattractive interface. This study aimed to produce interactive and digital-based math question banks for junior high school that met the validity and appropriateness for students to use. This design study was a development study encompassing preliminary design and formative evaluation. The data were obtained through questionnaires and analysis using assessment categorization. According to the research stages, the participants were lecturers, teachers, and students. The study results showed that the question bank web was valid based on the validator's assessment and able to be used by all groups openly.

References

Aprilia, I. S., & Diana, H. A. (2023). Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Taruna Terpadu Bogor. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 83-92.

Arifin, Z., Surindra, B., Irmayanti, E., & Afandi, T. Y. (2022). Pendampingan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Optimalisasi Pembelajaran. ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 486–496.

Chaniago, M. B. (2016). Perancangan Aplikasi Bank Soal Berbasis Web Pada Bimbingan Belajar XYZ. Jurnal Masyarakat Informatika Indonesia, 1(1), 46–55.

Cristiana, E. (2021). Digitalisasi pendidikan ditinjau dari perspektif hukum. Edelweisia Cristiana, 3, 58–66.

Danuri, M. (2019). Development and Transformation of Digital Technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Effendi, M. M., Ummah, S. K., & Cahyono, H. (2023). Teacher Perspective and Performance in Curriculum Prototype Implementation through the Development of Innovative Project-Based Learning Modules. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 47-58.

Faiziyah, N., Hanan, N. A., & Azizah, N. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal berbasis Etnomatematika Tipe Multiple Solutions Task. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495-506.

Fauseh, F., Saleh Insani, R. W., & Brianorman, Y. (2021). Implementasi Linear Congruent Method untuk Pengacakan Soal pada Aplikasi Bank Soal Berbasis Website. Digital Intelligence, 2(1), 47. https://doi.org/10.29406/diligent.v2i1.2741

Firdausi, I., & Suparni, S. (2022). Game Edukasi Android Deck Card untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa Materi Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 447-458.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Jamil, A., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2022). Media Google Classroom Berbantuan Animasi PowerPoint terhadap Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 339-348.

Jiwandono, I. S., Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Rosyidah, A. N. K., Khair, B. N., & Husniati, H. (2020). Workshop Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills (Hots) Di SDN 44 Mataram. Jurnal PEPADU, 1(2), 198–206. http://dx.doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i2.97

Mahardika, D. A., Gumilar, A. C., & Retnaningrum, E. (2022). Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 483-494.

Munawaroh, & Nurpala, D. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Ujian Online Berbasis Web pada SMA Negeri 1 Kalirejo. Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications, 1(2), 51–55.

Nanang, N., & Sukandar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa SDIT Miftahul Ulum Pada Operasi Bilangan Bulat Melalui CAI-Contextual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 71-82.

Napiah, M., Raharjo, M., Putra, J. L., Heristian, S., & Leksono, I. N. (2020). Rancang Sistem Penyajian Bank Soal Untuk Jenjang Sekolah Menengah Atas Berbasis Web. Jurnal INFORTECH, 2(2).

Permatasari, R. P. D., & Afriansyah, E. A. (2022). Kendala orang tua dalam mendampingi siswa ditinjau dari hasil belajar matematika secara online. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 27-36.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100.

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Sembiring, E. B., Wahyuni, D., & Anurogo, W. (2018). Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan dan Tumbuhan Langka Menggunakan Model Tutorial. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 1(2), 103–112. https://doi.org/10.30871/deca.v1i2.839

Silalahi, S. M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Penyampaian Materi Menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 215-226.

Sunarti & Anggraini, D. (2012). Pengembangan bank soal dan pembahasan ujian nasional berbasis multimedia pembelajaran interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 03, 394–408. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1138

Suyata, P., Mardapi, D., Kartowagiran, B., & Inggris, B. (2011). Model Pengembangan Bank Soal Berbasis Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 41(2), 120–128.

Syaputra, A., Hidayati, D., & Hasanah, E. (2023). Mathematics Curriculum Management of Distance Learning Program in Junior High School. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71-80.

Tessemer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. Kogsn Page Limited.

Toheri, T., Kismeina, A., & Persada, A. R. (2022). Keterampilan Guru Matematika Se-Kabupaten Kuningan dalam Pemanfaatan Platform Pembelajaran Online Masa Pandemic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 269-280.

Triyani, M. (2016). Pengembangan dan Analisis Kualitas Sistem Bank Soal Berbasis Web di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, 2, 1–8.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Ikashaum, F., & Wahyuni, S. (2023). Exion Math: An Interactive Digital Question Bank Design for Middle School Mathematics. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.777

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.