Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Authors

  • Deutelina S. Lagur STKIP Santu Paulus
  • Alberta P. Makur STKIP Santu Paulus
  • Apolonia H. Ramda STKIP Santu Paulus

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.516

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Komunikasi Matematis, Cooperative Learning Type NHT, Direct Learning Model, Mathematical Communication Skils

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMK Santo Aloisius Ruteng tahun ajaran 2017/2018 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan dengan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Santo Aloisius Ruteng yang tersebar dalam tiga kelas. Dua kelas dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Kelas X TKR B terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sedangkan kelas X TKR C diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.

This study aimed to determine the effect of the cooperative learning model NHT type on students’ mathematical communication skills of grade X SMK Santo Aloisius Ruteng in the academic year 2017/2018. This study was experimental research with a post-test-only control group design. The population of this study was all the tenth-grade students majoring in Teknik Kendaraan Ringan (TKR). X TKR B was selected as an experimental class taught by applying cooperative learning type NHT while X TKR C was taught by the direct learning model. The data obtained was analyzed by t-test. Analysis data results showed that students’ mathematical communication skills using cooperative learning type NHT are higher than students’ mathematical communication skills using the direct learning model. 

Author Biography

Deutelina S. Lagur, STKIP Santu Paulus

Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic  Mathematics Education dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207-216. Aulia, A. A. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Membangun Pemahaman Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bolo Bima. DISERTASI dan TESIS Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Husna, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81-92.2 Luritawaty, I. P. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Metode Diskusi Berbantuan Microsoft Office Excel. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 213- 222. Makur, A., Prahmana, R., & Gunur, B. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Peserta OSK Matematika Tingkat SD, dan Strategi Think, Talk, and Write. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). doi:https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5677.%p Nendi, F., Mandur, K., & Makur, A. P. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Konsep-Konsep Matematika SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 9(2), 165-173. Pantaleon, K. V. & Emer, E. (2011). Penggunaan Alat Peraga Melalui Pembelajaran Tutor Teman Sebaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 3(1), 53-63.
Shoimin, A. (68). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.  Suryadi, D. (2007). Pendidikan Matematika. dalam Ilmu dan Aplikasi
Pendidikan. Tamur, M. (2012). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Etnomatematika sebagai Upaya
Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Mahasiswa PGSD (Doctoral dissertation, Tesis SPS. UPI. Bandung: Tidak diterbitkan).
Pratiwi, R. (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)
Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 TAMBANG
KABUPATEN KAMPAR (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan
Matematika, 6(3), 419-430. 

References

Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara yang Mendapatkan Model

Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan

Matematika, 6(2), 207-216.

Aulia, A. A. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Membangun Pemahaman Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bolo Bima. DISERTASI dan TESIS

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Husna, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81-92.2

Luritawaty, I. P. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Metode Diskusi Berbantuan Microsoft Office Excel. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 213-222.

Makur, A., Prahmana, R., & Gunur, B. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Peserta OSK Matematika Tingkat SD, dan Strategi Think, Talk, and Write. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). doi:https://doi.org/10.22342/jpm.12.

5677.%p

Nendi, F., Mandur, K., & Makur, A. P. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Konsep-Konsep

Matematika SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 9(2), 165-173.

Pantaleon, K. V. & Emer, E. (2011). Penggunaan Alat Peraga Melalui Pembelajaran Tutor Teman Sebaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 3(1), 53-63.

Shoimin, A. (68). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Suryadi, D. (2007). Pendidikan Matematika. dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.

Tamur, M. (2012). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Etnomatematika sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Mahasiswa PGSD (Doctoral dissertation, Tesis SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan).

Pratiwi, R. (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri

Sultan Syarif Kasim Riau).

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle

E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419-430.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.516

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.