Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Student Teams Achievement Division
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.443Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Learning Cycle 5E, STAD, Mathematical Communication AbilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan peningkatannya antara siswa yang mendapatkan model pembelajaranLearning Cycle 5Edengan STAD. Populasi pada penelitian ini adalahsiswa kelasVIII di MTs Al-Musthofa tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 141 orang. Sampel diambil 63 siswa dari dua kelas, yaitu: kelas VIII-B menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5Edan kelas VIII-D menggunakan model pembelajaran STAD.Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, angket skala sikap, dan lembar observasi.Hasil penelitian untuk data tes akhir dan Gain Ternormalisasi diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi dan peningkatannya antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan STAD, dengan kualitas peningkatan keduanya berinterpretasi sedang.Sikap siswa yang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle 5Edan STAD menunjukan sikap dengan interpretasi baik.
The research aim is to find the difference of mathematical communication ability and the improvement between students who get Learning Cycle 5E learning model with Student Teams Achievement Division (STAD). The population of the research were 8th grade students at MTs Al-Musthofa academic year 2015/2016 from four classes with total participants were 141 students. The sample took from 63 students from two classes, there were: VIII-B class that using Learning Cycle 5E learning model dan VIII-D class that using STAD learning model. The instrument was the mathematical communication ability test, attitude scale questionnaires and observations sheets. The result of the research of the final test and Normality Gain were that was the difference of mathematical communication ability and the improvement between students who get Learning Cycle 5E learning model with STAD, with the improvement quality of both learning model interpreted average. The student attitude of both learning model results interpreted good.
References
Darkasyi, M. dkk.(2014). Jurnal Didaktik Matematika, [Online] Vol 1 (1), hal 21-34.Tersedia:http://download.portalgaruda.org/ [19 Desember 2015].
Fitri, A.(2012). Pembelajaran Matematika Dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berfikir Kritis Matematis Siswa. Skripsi Pendidikan Matematika UPI.[Online] tersedia:http://repository.upi.edu/9465/2/t_mtk_1007098_chapter1.pdf[1 November 2015].
Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2014).Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Reflika Aditama.
Rasa, N.A.P.(2014). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Skripsi pada program studi pendidikan matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.
Rismayani.(2014). Perbedaan Peningkatan Komunikasi Matematis Antara Siswa Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Cooverative Learning Tipe Think Pair Share (Tps) Dengan Siswa Yang Mendapatkan Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Skripsi pada program studi pendidikan matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.
Ruseffendi.(2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Ruseffendi.(2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Slavin, R.E.(2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sumarni.(2014). Penerapan Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Serta Self-Regulated Learning Matematika siswa.Skripsi pendidikan Matematika UPI.[Online] tersedia:http://repository.upi.edu/13681/4/T_MTK_1201553_Chapter%20%281%29.pdf.[19 Desember 2015].
Pujiati,I.(2008). Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).[Online]. Vol 1(1),halaman 1-20.Tersedia:https://saidnazulfiqar.files.wordpress.com/2010/12/peningkatan-motivasi-ketuntasan-belajar.pdf.[18 Januari 2016].
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Widyantini,T.(2008). Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.