Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving

Authors

  • Samsul Nurdiansyah Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Rostina Sundayana Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Teni Sritresna Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.644

Keywords:

Berpikir Kritis Matematis, Creative Problem Solving, Habits of Mind, Inquiry Learning, Mathematical Critical Thinking

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis dan Habits of Mind merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Fakta menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis dan Habits of Mind siswa masih rendah. Diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Habits of Mind siswa salah satunya menggunakan model Inquiry Learning dan model pembelajaran Creative Problem Solving. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis dan Habits of Mind antara siswa yang mendapatkan model Inquiry Learning dengan Creative Problem Solving. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Garut. Sampel pada penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas X-MIPA 5 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen I yang mendapat model Inquiry Learning dan kelas  X-MIPA 6 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen II yang mendapat model pembelajaran Creative Problem Solving. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian dan angket skala Likert. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis dan Habits of Mind antara siswa yang mendapatkan model Inquiry Learning dengan Creative Problem Solving. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Habits of Mind, model Inquiry Learning cocok digunakan.

Mathematical Critical Thinking Skills and Habits of Mind are some of the basic abilities that students must have. The fact shows that the Mathematical Critical Thinking Skills and Habits of Mind are still low. Efforts are needed to improve the Mathematical Critical Thinking Skills and Habits of Mind, one of them using the Inquiry Learning and the Creative Problem-Solving learning. The purpose of this research was to analyze the differences in Mathematical Critical Thinking Skills and Habits of Mind between students who get the Inquiry Learning model with Creative Problem Solving. The research method used a quasi-experimental with a population of all class X of SMAN 11 Garut. Sample consisted of two classes, class X Science 5 by 35 students as the first experimental class, which got Inquiry Learning model, and class X Science 6 by 35 students as the second experimental class which got Creative Problem-Solving learning model. The research instrument used a description test and a Likert scale questionnaire. Based on the results of statistical analysis, it is found that there are differences in Mathematical Critical Thinking Skills and Habits of Mind between students who get the Inquiry Learning model with Creative Problem Solving. To improve mathematical critical thinking skills and Habits of Mind, the Inquiry Learning model is suitable.

References

Azizah, G. N., & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air dan Probing-Prompting. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). 305-314.

Costa, AL., & Kallick, B. (2008). Leading and Learning with Habits of Mind 16 Essential Characteristic for Success. (United States of America: Association for Supervision and Curriculum Development).

Dwirahayu, G. Kustiawati, D & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits Of Mind terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. [Online]. Jurnal Pendidikan Matematika (JPPM), 11(2), 91-104.

Dwirahayu, G., & Firdausi (2016) Pengaruh Gaya Berpikir terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa (Studi Kasus di Jurusan Pendidikan Matematika FITK). [Online]. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM), 9(2).

Hidayanti, D., As’ari, A.R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. [Online]. Prosiding Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Johnson, E B. (2014). Contextual Teaching and Learning. Ibnu Setiawan (Penerjemah). Bandung: Kaifa.

Lestari, T.P., & Sofyan, D. (2013). Perbandingan Kemampuan Proses Pemecahan Masalah antara Siswa yang Menggunakan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Konvensional. Jurnal Mosharafa, 2(3), 180-190.

Mahmudah, R dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota Tangerang Selatan. [Online]. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits Of Mind Matematis. [Online]. Jurnal Infinity, 3(2), 174-188.

Mitchell W.E. & Kowalik, T.F. (1999). Creative Problem Solving (3rd ed.). Bufallo, New York, NY: Genigraphics, Inc.

Mullis, I. V. S., Martin, M.O., Foy,P. & Hooper, M. 2016. TIMSS 2015 International Result in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center.

Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. [Online]. Jurnal Fibonachi, 1(1), 43-56.

Nurmala, N., Rohaeti, E.E., Sariningsih, R. (2019). Pengaruh Habits Of Mind (Kebiasaan Berpikir) terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. [Online]. Journal On Education, 1(2), 181-185.

Pepkin, K. L. (2000). Creative Problem Solving in Math.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 20 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan.

Prameswari, G., Apriana, R., & Wahyuni, R. (2018). Pengaruh Model Inquiry Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMA Negeri 3 Singkawang. [Online]. Jurnal JPMI, 3(1), 35-40.

Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Immim Putri Minasatene. [Online]. Jurnal Mosharafa, 6(1), 117-128.

Russeffendi, E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang NonEksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendi-dikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Setiawan, J & Royani, M. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Inkuiri. [Online]. Jurnal Edu-Mat, 1(1), 1-9.

Soedjadi, R. (1995). Pendidikan, Penalaran, Konstruktivisme, Kreativitas sajian dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Seminar Nasional Matematika. Surabaya: Media Pendidikan IKIP Surabaya.

Sumantri, M. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada peserta didik. [Online]. FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumartono & Yustari, E. (2014). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP I. [Online]. Jurnal Pendidikan matematika Edu-Mat, 6(2), 187-193.

Sundayana, R. (2018). Perbandingan Desain Pembelajaran ASSURE dan PPSI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 143-154.

Umar, W. (2013). Pengembangan Mathematical Thinking Berorientasi pada Gaya Kognitif dan Budaya Siswa. Makalah diterbitkan pada jurnal Pend. Matematika UM. Malang: UM.

UNDP. (2017). Human Development Index (HDI). United Nation.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.644

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.