Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Mahasiswa Dalam Praktikum Analisis Data Statistik

Suatu penelitian yang dilaksanakan di Jurusan Pend. Matematika STKIP Garut

Authors

  • Rostina Sundayana STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.233

Keywords:

analisis data statistik, praktikum statistik, kemampuan mahasiswa

Abstract

Kegiatan penelitian merupakan salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi, sehingga baik mahasiswa maupun dosen berkewajiban untuk melakukan kegiatan penelitian tersebut. Dalam melakukan penelitian, salah satu kegiatan peneliti adalah harus melakukan analisis data statistik. Kenyataan di lapangan pengolahan data ini masih dianggap hal yang sulit, sehingga perlu diupayakan jalan keluarnya untuk mengatasi persoalan tersebut. Dalam penelitian ini diungkap mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam melakukan praktikum analisis data statistika, diantaranya faktor kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah statistik secara teoritik, kualitas proses pembelajaran, dan tanggapan mahasiswa mengenai sarana dan prasarana laboratorium komputer. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa: dari masing-masing faktor tersebut berpengaruh secara signifikan dengan besar pengaruh sebagai berikut: 1) pengaruh kesiapan mahasiswa terhadap kemampuan praktikum sebesar 22,2%; 2) pengaruh kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah statistik secara teoritik terhadap kemampuan praktikum sebesar 19,2%; 3) pengaruh kualitas proses pembelajaran perkuliahan praktikum analisis data statistika terhadap kemampuan praktikum sebesar 28,9%; serta  4) pengaruh tanggapan mahasiswa mengenai kondisi sarana dan prasarana laboratorium komputer yang digunakan untuk pelaksanaan praktikum terhadap kemampuan praktikum sebesar 30,6%; Adapun pengaruh secara simultan dari keekmpat faktor yang diteliti sebesar 96,4%.

References

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyanti. 1992. Ilmu Pendidikan. Rhineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktek). Jakarta : PT Rineka Cipta

Bahri, S DKK. 1996. Strategi Belajar – Mengajar. Jakarta : PT Rineka cipta.

Clarke, Linda. 2007. Vocational Education:International Approaches, Developments and Systems; The Emergence and Reinforcement of Class and Gender Divisions Through Vocational Education in England. New York: Routledge

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Rhineka Cipta. Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rhineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, The Liang. 1997. Cara Belajar Efisien . Yogyakarta : Liberty

Ginting, Cipta. 2003. Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta : PT Grafindo

Greinert, Wolf-Dietrich. 2007. Vocational Education: International Approaches, Developments and Systems; The German Philosophy of Vocational Education. New York: Routledge.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik Jilid 1. Andi Offset, Yogyakarta

Hakim, Thursan. 2002. Belajar Secara Efektif. Puspa Suara. Anggota IKAPI. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta

Liston, B. & Whitcomb. 2008. Journal of teacher education (http://www.-accessmylibrary.com/coms.2/summary.0286-34137934 ITM. [18 Maret 2010].

Maslow, Abraham. 2004. Motivasi dan Kepribadian. Lembaga Manajemen. Jakarta.

Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam PBM. Jakarta : Bumi aksara

Onggo, Djulia. 2002. Keselamatan Kerja di Laboratorium. Bandung: http//www.chem.itb.ac.id/safety (12 Maret 2010).

Pophan, W. James dan Evi L Baker. 1992. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.

Raelin, J. A.. 2008. Work-Based Learning: Bridging Knowledge and Action in the Workplace. San Fransisco: Jossey-Bass Published.

Rusyan, A. Tabrani dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. CV. Remaja Karya. Bandung.

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sege, M.D. 2005. Pengaruh Motivasi,Pembelajaran, dan Fasilitas terhadap Kemampuan Kerja Las Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tesis Magister, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Situmorang, Robinson dkk. 2004. Desain Pembelajaran. Universitas Terbuka, Jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, W. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Suhandini, Purwadi. 2003. KBK dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Semlok KBK dan CTL. Semarang.

Suparno, AS. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta :Dirjen Dikti.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja grafindo persada.

Tim Penyusun. 2003. Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Psikomotor. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2012-05-30

How to Cite

Sundayana, R. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Mahasiswa Dalam Praktikum Analisis Data Statistik: Suatu penelitian yang dilaksanakan di Jurusan Pend. Matematika STKIP Garut. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.233

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.