Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Mahasiswa Dalam Praktikum Analisis Data Statistik
Suatu penelitian yang dilaksanakan di Jurusan Pend. Matematika STKIP Garut
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.233Keywords:
analisis data statistik, praktikum statistik, kemampuan mahasiswaAbstract
Kegiatan penelitian merupakan salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi, sehingga baik mahasiswa maupun dosen berkewajiban untuk melakukan kegiatan penelitian tersebut. Dalam melakukan penelitian, salah satu kegiatan peneliti adalah harus melakukan analisis data statistik. Kenyataan di lapangan pengolahan data ini masih dianggap hal yang sulit, sehingga perlu diupayakan jalan keluarnya untuk mengatasi persoalan tersebut. Dalam penelitian ini diungkap mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam melakukan praktikum analisis data statistika, diantaranya faktor kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah statistik secara teoritik, kualitas proses pembelajaran, dan tanggapan mahasiswa mengenai sarana dan prasarana laboratorium komputer. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa: dari masing-masing faktor tersebut berpengaruh secara signifikan dengan besar pengaruh sebagai berikut: 1) pengaruh kesiapan mahasiswa terhadap kemampuan praktikum sebesar 22,2%; 2) pengaruh kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah statistik secara teoritik terhadap kemampuan praktikum sebesar 19,2%; 3) pengaruh kualitas proses pembelajaran perkuliahan praktikum analisis data statistika terhadap kemampuan praktikum sebesar 28,9%; serta 4) pengaruh tanggapan mahasiswa mengenai kondisi sarana dan prasarana laboratorium komputer yang digunakan untuk pelaksanaan praktikum terhadap kemampuan praktikum sebesar 30,6%; Adapun pengaruh secara simultan dari keekmpat faktor yang diteliti sebesar 96,4%.
References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyanti. 1992. Ilmu Pendidikan. Rhineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktek). Jakarta : PT Rineka Cipta
Bahri, S DKK. 1996. Strategi Belajar – Mengajar. Jakarta : PT Rineka cipta.
Clarke, Linda. 2007. Vocational Education:International Approaches, Developments and Systems; The Emergence and Reinforcement of Class and Gender Divisions Through Vocational Education in England. New York: Routledge
Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Rhineka Cipta. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rhineka Cipta. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gie, The Liang. 1997. Cara Belajar Efisien . Yogyakarta : Liberty
Ginting, Cipta. 2003. Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta : PT Grafindo
Greinert, Wolf-Dietrich. 2007. Vocational Education: International Approaches, Developments and Systems; The German Philosophy of Vocational Education. New York: Routledge.
Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik Jilid 1. Andi Offset, Yogyakarta
Hakim, Thursan. 2002. Belajar Secara Efektif. Puspa Suara. Anggota IKAPI. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta
Liston, B. & Whitcomb. 2008. Journal of teacher education (http://www.-accessmylibrary.com/coms.2/summary.0286-34137934 ITM. [18 Maret 2010].
Maslow, Abraham. 2004. Motivasi dan Kepribadian. Lembaga Manajemen. Jakarta.
Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam PBM. Jakarta : Bumi aksara
Onggo, Djulia. 2002. Keselamatan Kerja di Laboratorium. Bandung: http//www.chem.itb.ac.id/safety (12 Maret 2010).
Pophan, W. James dan Evi L Baker. 1992. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.
Raelin, J. A.. 2008. Work-Based Learning: Bridging Knowledge and Action in the Workplace. San Fransisco: Jossey-Bass Published.
Rusyan, A. Tabrani dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. CV. Remaja Karya. Bandung.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sege, M.D. 2005. Pengaruh Motivasi,Pembelajaran, dan Fasilitas terhadap Kemampuan Kerja Las Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tesis Magister, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Situmorang, Robinson dkk. 2004. Desain Pembelajaran. Universitas Terbuka, Jakarta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, W. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.
Sudjana. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
Suhandini, Purwadi. 2003. KBK dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Semlok KBK dan CTL. Semarang.
Suparno, AS. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta :Dirjen Dikti.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja grafindo persada.
Tim Penyusun. 2003. Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Psikomotor. Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2012 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.