Kemampuan Pedagogik Matematika SD pada Mahasiswa PGSD FIP UNIMA
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.507Keywords:
Kemampuan Pedagogik, Matematika SD, Mahasiswa PGSD, Pedagogic Capabilities, Elementary Mathematics, PGSD StudentsAbstract
Mempunyai gambaran/deskripsi mengenai kemampuan pedagogik matematika mahasiswa PGSD merupakan suatu hal yang sangat penting bagi pimpinan dan dosen PGSD, khususnya bagi dosen yang mengajarkan mata kuliah pembelajaran matematika. Penelitin ini bertujuan untuk menindaklanjuti perkuliahan matematika di PGSD agar dapat menghasilkan calon guru SD yang profesional. Oleh karena itu, penelitian deskriptif analitik yang bersifat eksploratif untuk mengembangkan kemampuan pedagogik matematika mahasiswa calon guru sekolah dasar (SD) penting bagi dosen mata kuliah pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi presentasi kelompok dan simulasi dari setiap mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan Pembelajaran Matematika. Dengan demikian informasi arahan untuk menentukan tindak lanjut pengembangan pedagogik matematika agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk membelajarkan siswa mengenai materi-materi matematika yang diperoleh secara akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a. kemampuan mahasiswa PGSD FIP Unima dalam merancang pembelajaran matematika SD sudah baik. b. melaksanakan pembelajaran matematika SD yang mendidik dan dialogis sudah baik. c. pemanfaatan teknologi pembelajaran matematika SD masih perlu ditingkatkan. d. membuat alat evaluasi belajar matematika SD juga masih perlu ditingkatkan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa walaupun kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran sudah baik, namun dalam penggunaan media atau alat peraga pembelajaran yang masih kurang. Selain itu juga alat evaluasi belum mencakup ranah afektif dan psikomotor, serta evaluasi ranah kognitif juga masih kurang baik.
Having a description of the pedagogic ability of student mathematics at PGSD is a very important thing for PGSD leaders and lecturers, especially for lecturers who teach math learning courses. This research aims to follow up the math lectures at PGSD to produce prospective elementary school teachers who are professional. Therefore, explorative analytic descriptive research to develop the pedagogic ability of mathematics of elementary school teachers (SD) is important for lecturers of mathematics learning subjects. The technique of collecting data obtained from observation of group presentation and simulation of each student in lecturing activity of Mathematics Learning. Thus the direction information to determine the follow-up development of pedagogic mathematics so that students can teach students about mathematical materials obtained accurately. The results showed that: a. the ability of PGSD FIP Unima students in designing elementary mathematics learning is good. b. carrying out educational and dialogical mathematics teaching is good. c. the use of mathematics learning technology in elementary still needs to be improved. d. making the evaluation tool of elementary mathematics learning also still needs to be improved. The results of this study showed that although the ability to design and implement learning is good, the use of media or teaching aids is still lacking. In addition, evaluation tools have not included affective and psychomotor spheres, and cognitive domain evaluation is also still not good.
References
Davis, K. S. (2003). “Change is hard”: What science are telling us about reform dan teacher learning of innovative practises. Science and Education, 87(1), 3-30.
Hamzah Uno. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.
Mellado, V. (1998). The classroom practise of preservice teacher and their cinception of teaching and learning. Science education, 82, 197-214
Presiden Republik Indonesia. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Rakhmat, S. (2006). Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Andira.
Suherman Ar, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.