Behind the Numbers: Revealing the Logical-Mathematical Thinking Abilities of Border College Students
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.486Keywords:
Mathematical Logical Thinking Ability, Mathematics Education, Probability, Truth Value, Kemampuan Berpikir Logis, Peluang, Nilai Kebenaran, Pendidikan MatematikaAbstract
Abstrak
Pengembangan daerah perbatasan tidak hanya ditentukan dari sumber daya alam, tetapi juga kualitas sumber daya manusianya. Kemampuan berpikir logis matematis merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan. Oleh karena itu, kemampuan tersebut perlu dimiliki agar tercipta kualitas sumber daya manusia yang dapat bersaing di era global. Tujuan penelitin ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana kemampuan berpikir logis matematis mahasiswa yang berada di perbatasan, agar dapat mengetahui potensi yang dimiliki serta hal-hal yang perlu ditingkatkan khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Universitas Pattimura. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, artinya sampel dipilih secara selektif berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini melibatkan 25 mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar yang menempuh mata kuliah pendidikan matematika dan berdomisili di wilayah perbatasan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan berpikir logis matematis. Dalam penelitian ini, data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir logis mahasiswa di daerah perbatasan adalah 35, 17. Secara umum, tingkat kemampuan berpikir logis matematis mahasiswa di wilayah perbatasan tergolong rendah. Indicator penarikan kesimpulan logis berada pada kategori sedang. Sedangkan indicator pengidentifikasian informasi yang termuat dalam soal serta menyelesaikan masalah matematis secara rasional berada dalam kategori sangat rendah. Kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru sekolah dasar yang rendah akan berdampak pada terhambatnya pembangunan daerah yang membutuhkan kualitas sumber daya manusia. Selain itu juga berdampak pada pendidikan di sekolah dasar karena siswa akan kesulitan memahami materi jika diajarkan oleh guru yang kurang menguasai konsep yang diajarkan. Dengan demikian, penelitian lanjutan diperlukan untuk meningkatkan serta mengembangkan kemampuan berpikir logis matematis.
Abstract
The development of border areas is not only determined by natural resources but also by the quality of human resources. The ability to think logically and mathematically is one of the competencies needed in various fields of work. Therefore, this ability needs to be possessed to create quality human resources that can compete in the global era. This study aims to provide a clear picture of the extent of the ability to think logically and mathematically of students in the border area, to know the potential they have and things that need to be improved, especially in mathematics learning. This study is a descriptive quantitative study with a Cross-Sectional research design. The population in this study were all Elementary School Teacher Education students at Pattimura University. The sample selection used a purposive sampling technique because the sampling was carried out with certain considerations. The sample in this study was elementary school teacher education students who offered mathematics education courses totaling 25 people who were in the border area. Data collection was carried out through a mathematical logical thinking ability test. The data analysis technique used descriptive analysis. The results of the study showed that the average logical thinking ability of students in the border area was 35.17. Overall, the mathematical logical thinking ability of students in the border area was in a low category. The indicator of logical conclusion drawing is in the moderate category. The indicator of identifying information contained in the problem and solving mathematical problems rationally is in the very low category. The low logical thinking ability of prospective elementary school teachers will have an impact on hampering regional development that requires quality human resources. In addition, it also has an impact on education in elementary schools because students will have difficulty understanding the material if taught by teachers who do not master the concepts being taught. Therefore, further research is needed to improve and develop logical-mathematical thinking skills.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, N., Rahman, A., & Ahmar, A. S. (2017). Developing a self-learning model based on open-ended questions to increase the students’ creativity in calculus. Glob. J. Eng. Educ. 19(2). p. 143–147.
Bozdogan, A. (2007). Fen Bilgisi ÇalÕúma YapraklarÕ ile Ö÷retimin Ö÷rencilerin Fen Bilgisi Tutumuna ve MantÕksal Düúünme Becerilerine Etkisi. Unpublished master thesis, Çukurova University, Adana
Bakir, S., & Oztekin-Bicer, E. (2015). Logical Thinking and Cognitive Development Levels of Pre-service Science Teachers. Journal of Education Science Research, 5(1), 149-164. https://doi.org/10.12973/jesr.2015.51.9
Diana, N. (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Logis Mahasiswa dengan Adversity Quotient dalam Pemecahan Masalah. Makalah pada Prosiding SNMPM II Prodi Pendidikan Matematika Unswagati Cirebon.
Ilmadi, Muslim, Herlina, & Rusdiana. (2022). Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang. Jurnal Saintika UNPAM: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 4(2), 173-182.
Munir, R. (2005). Matematika District. Bandung: Informatika
Noviani, J., Hakim, H., & Jarwandi, J. 2020. Analisis Kemampuan Berpikirr Logis Pada Materii Peluang Di Kelas IX SMP Negeri 1 Takengon. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL Qalasadi. 4(1),14-23. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1604
Nurismawati, R., Sanjaya, Y., Rusyati, L. (2018). The Relationship between students critical thingking measured by science virtual test and students logical thingking on eight grade secondary school. Journal of physics: Conference Series, 1013(012071), 1-7
doi:10.1088/1742-6596/1013/1/012071
Purba, P. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Mata Kuliah Kalkulus Differensial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5268-5275.
Tobin, K. G., & Capie, W. (1981). The Development and Validation of a Group Test of Logical Thinking. Educational and Psychological Measurement 41(2), 413-423. https://doi.org/10.1177/001316448104100220.
Raiyn, J. (2016). The role of visual learning in improving students’ high-order thinking skills. Journal of Education and Practice, 7(24), 115 – 121.
Ratumana, & Laurens. (2016). Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 146-154 DOI: https://doi.org/10.33369/jpmr.v1i2.4005
Sari, N. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Logis Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Absis, 2(2), 188-193. DOI: 10.30606/absis.v2i2.412
Septiani, E. (2018). Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Wahana Dikdatika, Vol 16(2), 207-221. DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2048
Syaiful. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Sikap Siswa Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik: Bandung.
Sumarmo, U., et al. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritir, dan Kreatif Matematik (Eksperimen Terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think Talk Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1). 17 – 33
Tajuddin, A. T., Sujadi, I., Slamet, I., & Hendriyanto, A. (2023). Mathematical Critical Thinking: Analysis of Middle School Students' Thinking Processes in Solving Trigonometry Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 703-720.
Victory. (2022). Potret Pendidikan Dasar di Desa Jerol Kecamatan Aru Selatan. Edukasi Tematik. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 3(2), 6 – 11. DOI: https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i2
Yunisca, L. D., & Nasution, E. Y. P. (2023). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 235-240.
Zakso, A., Agung, I., Susanto, A. B., & Capnary, M. C. (2021). The effect of strengthening character education on tolerance increasing and development of Pancasila students in border area: Case of West Kalimantan province. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(5), 232-248.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.