Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic

Authors

  • Ekasatya Aldila Afriansyah STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.416

Keywords:

Kemampuan problem solving matematis, Kemampuan problem posing matematis, pendekatan Realistic, metode kuantitatif

Abstract

Kemampuan problem solving dan problem posing matematis merupakan kemampuan matematis yang perlu dimiliki oleh mahasiswa. Melalui kedua kemampuan ini, seorang mahasiswa dapat lebih kreatif dalam mengungkapkan ide serta gagasannya dengan cara menghubungkan pengetahuan yang dia peroleh sebelumnya dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang dia diperoleh sekarang; serta mampu menuangkan gagasan/ide dalam menyelesaikan persoalan matematis yang dihadapinya. Namun pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang belum memiliki kedua kemampuan ini, sehingga perlu diadakan perbaikan pembelajaran melalui pendekatan yang tepat. Pada penelitian ini, pendekatan pembelajaran yang dijadikan sebagai solusinya adalah pendekatan Realistic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem solving dan problem posing matematik mahasiswa melalui pendekatan Realistic. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes diagnostik berupa pre-test dan pos-test, dan angket. Hasil dari penelitian ini, kemampuan problem solving dan problem posing mahasiswa cenderung meningkat. Rekomendasi bagi peneliti lain adalah melakukan penelitian sejenis ini dengan subjek penelitian yang berbeda, seperti mahasiswa calon guru.

References

H. L. Mikarsa, dkk, Pendidikan Anak di SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2005.

Darta, Pembelajaran Matematika Konstekstual Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Mahasiswa Calon Guru, Tesis Magister pada Sps UPI: Tidak diterbitkan, 2004.

S. A. Chamberlin, (2015, Februari), What is Problem Solving in the Mathematics Classroom?, [online]. Tersedia: http://people.exeter.ac.uk/PErnest/pome23/Chamberlin%20What20is%20Prob%20solving.doc, 2008.

N. Kesumawati, Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Disertasi Doktor pada SPs UPI: Tidak diterbitkan, 2010.

D. Ismaimuza, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatis Matematik Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif, Disertasi Doktor pada SPs UPI: Tidak Diterbitkan, 2010.

Hamzah, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Bandung Melalui Pendekatan Problem Posing, Disertasi Doktor pada SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan, 2003.

N. F. Ellerton and P. C. Clarkson, Language factors in mathematics teaching and learning, International handbook of mathematics education, Springer Netherlands: 983-1033, 1996.

NCTM, Principles and Standars for School Mathematics, Tersedia: http://www.nctm.org/standards/content.aspx?id=16909, 2000.

E. A. Afriansyah, “Implementasi PMRI dalam Materi Sifat Komutatif dan Asosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa SD/MI”, Jurnal Pendidikan Matematika Musharafa Edisi 11 Tahun Ke-III, 19-25, 2012.

E. A. Afriansyah, Design Research: Konsep Nilai Tempat dalam Operasi Penjumlahan Bilangan Desimal di Kelas V Dekolah Dasar, Tesis Magister pada SPS UNSRI-UTRECHT: Tidak diterbitkan, 2012.

E. A. Afriansyah, “Design Research: Place Value in Decimal Numbers Using Metric System”, International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, 2013.

E. A. Afriansyah, “What Students’ Thinking about Contextual Problem is”, International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education (1st ISIMMED), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY): Yogyakarta, 2014.

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Aldila Afriansyah, E. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269–280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.416

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.