Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Hodiyanto IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI Pontianak
  • Syarif R S Putra IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.614

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Posing, Learning Media Development, Mathematical Problem-Solving Ability

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin menghasilkan media pembelajaran macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang mencapai kriteria valid, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model rancangan 4-D oleh Thiagarajan, yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Tetapi pada penelitian ini hanya pada tahap pengembangan saja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sukadana sebanyak 20 siswa, ahli dan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi macromedia flash bermuatan problem posing memiliki kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan terhadap macromedia flash bermuatan problem posing memiliki kriteria sangat praktis, tingkat keefektifan terhadap macromedia flash bermuatan problem posing tergolong kriteria sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa macromedia flash bermuatan problem posing yang dikembangkan dapat digunakan karena memenuhi kriteria kevalidan yang sangat valid, kepraktisan yang sangat praktis, dan keefektifan yang efektif.

The purpose of this study is to produce Macromedia flash learning media containing problem posing to mathematical problem-solving abilities that reach valid criteria, practicality, and effectiveness. This research method is a research development with a 4-D design model by Thiagarajan: Define, Design, Develop, and Disseminate. But this research is only at the development stage. The subjects in this study were 20th-grade students of SMP Negeri 5 Sukadana, experts, and teachers. The instruments used in this study were validation sheets, questionnaires, and posttest questions. Based on the research results obtained by the results of validation Macromedia flash loaded posing problem has very valid criteria. The level of practicality with problem-posing Macromedia flash has very practical criteria, the level of effectiveness with problem-posing Macromedia flash is classified as very effective criteria. Thus, it can be concluded that Macromedia flash with posing problem developed can be used.

References

Adiguzel, T., & Akpinar, Y. (2004). Improving School Children's Mathematical Word Problem Solving Skills through Computer-Based Multiple Representations. Association for Educational Communications and Technology.

Afriansyah, E. A. (2017). Problem Posing sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163-180.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Bintiningtiyas, N. (2016). Pengembangan Permainan Varmintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Periodik Unsur (Development of Varmintz Chemistry as Learning Media on Periodic System of Element). Unesa Journal of Chemical Education, 5(2).

Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Think Pair Share dan Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155-166.

Hendriana, R., Rohaeti, E. E., & Sumarmo (2017). Hard Skills and Soft Skills of Student Mathematics. Bandung: PT Refika Aditama.

Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Hodiyanto, H. & Susiaty, U. D. (2018) Peningkatan Kemampuan Pembuktian Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1).

Hodiyanto, H., Budiyono, B., & Slamet, I. (2016). Eksperimentasi model pembelajaran problem posing dan problem solving dengan pendekatan pmr terhadap prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2).

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-46.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 8 (2), 177-186.

National Council of Teachers of Mathematics (Ed.). (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan Learning Trajectory Based Instruction Materi Kerucut Menggunakan Konteks Megono Gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-18.

Rosli, R., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2014). The Effect of Problem Posing on Student Mathematical Learning: A Meta-Analysis. International Education Studies, 7(13), 227-240.

Serin, O. (2011). The Effects of the Computer-Based Instruction on the Achievement and Problem Solving Skills of the Science and Technology Students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 10(1), 183-201.

Serin, O., Serin, N. B., & Saygılı, G. (2009). The effect of educational technologies and material supported science and technology teaching on the problem solving skills of 5th grade primary school student. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 665-670.

Sofyan, D., & Madio, S. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93-104.

Sopian, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Rerource Based Learning. Jurnal Elemen, 3(1), 97-107.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ARRuzz Media.

Xia, X., Lu, C., & Wang, B. (2008). Research of Mathematics Intruction Experiment Based Problem Posing. Journal of Mathematics Education, 1(1), 153-16.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Hodiyanto, Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.614

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.