Improving Junior High School Students' Ability to Ask Mathematical Problems through the Use of Geogebra-Based Learning Media

Authors

  • Nitta Puspitasari Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Deddy Sofyan Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Ratrianing Tias Sri Handriani SMPN 1 Tarogong Kaler
  • Renita Putri Maharani Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1203

Keywords:

Geogebra, Kemampuan Mengajukan Masalah, Media Pembelajaran, Ability to Ask Problems, Learning Media

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengembangkan kemampuan mengajukan masalah, dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan aplikasi geogebra. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah kemampuan mengajukan masalah siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis geogebra lebih baik dibandingkan yang berbasis power point, ditinjau (a) secara umum, dan (b) setiap indikator kemampuan mengajukan masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Sampel dipilih secara acak kelas, yaitu siswa kelas VIII J sebanyak 31 siswa yang pembelajarannya menggunakan media berbasis power point, dan VIII K sebanyak 32 siswa berbasis geogebra Analisis data menggunakan uji parametrik untuk membandingkan kemampuan pengajuan masalah. Hasil penelitian ini adalah kemampuan mengajukan masalah matematik siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis geogebra lebih baik dibandingkan dengan berbasis power point, ditinjau secara umum, dan setiap indikator kemampuan mengajukan masalah.  Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis geogebra dapat meningkatkan kemampuan mengajukan masalah.

This research is motivated by the importance of developing problem posing abilities and improving the quality of learning through the utilization of GeoGebra applications. The aim of the research is to determine whether the problem posing abilities of students who use GeoGebra-based learning media are better compared to those based on PowerPoint, both (a) in general, and (b) for each problem posing ability indicator. This research employs quantitative research with a comparative method. Samples were randomly selected classes, namely class VIII J consisting of 31 students whose learning used PowerPoint-based media, and class VIII K consisting of 32 students using GeoGebra-based media. Data analysis used parametric tests to compare problem posing abilities. The results of this research indicate that the mathematical problem posing abilities of students using GeoGebra-based learning media are better compared to those based on PowerPoint, both (a) in general, and (b) for each problem posing ability indicator. The conclusion drawn from this research is that the use of GeoGebra-based learning media can enhance problem posing abilities.

References

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Afrilianto, M. (2018). Strategi Formulate Share Listen Create Untuk Mengembangkan Kemampuan Mathematical Problem Posing Siswa SMP. Didaktik: Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 8(1), 21–28.

Ardiyaningrum, M. (2013). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing. Jurnal LiITERASI, IV(1), 53–70.

Bachore, M. M. (2021). The Influence of Learning Mathematics Software Geogebra on The Ability Of Creative Thinking Of Students. International Journal of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(1), 37–42.

Butar-butar, J.L., Sinuhaji, F., dan Ginting, A.S. (2022). Penggunaan Aplikasi Geogebra sebagai Media Pembelajaran Geometri di SMP Negeri 1 Berastagi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari (JPMB), 1(6), 401-408.

Dahal, N., Pant, B. P., Shrestha, I. M., & Manandhar, N. K. (2022). Use of GeoGebra in Teaching and Learning Geometric Transformation in School Mathematics. iJIM, 16(8), 65–78.

Darma, Y., & Putra, S. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.

Faradisa, M., Sulstio, M., Ayu, Y. A. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 166–172.

Harahap, K. A., Sinaga, B., & Siagian, P. (2021). Development of Geogebra-Assisted Problem Based Learning (PBL) Learning Tools to Improve Visual Thinking Skills in Mathematical Problem-Solving Students of SMA Negeri 1 Samudera. BirLe-Journal, 4(1), 239–251.

Hidayatullah, M.T., Karim, A. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Untuk Pembelajaran Matematika (Lanjut). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem posing dan direct instruction dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223-234.

Kusuma, A.B., Utami, A. (2017). Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee in Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 119-131.

Maf’ulah, S., Wulandari, S., & Jauhariyah, L. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449-460.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran menggunakan pendekatan PMRI dan aplikasi geogebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media pembelajaran matematika digital “BABADA” pada materi kesebangunan bangun datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305-316.

Nofriyandi, N., Abdurrahman, A., & Andrian, D. (2023). Digital Learning Media Integrated with Malay Culture to Improve Students’ Numeration Ability and Motivation. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Puspitasari, N. (2018). Kemampuan Mengajukan Masalah Direlasikan Dengan Kemampuan Berpikir Logis Matematik. Jurnal Mosharafa, 7(1), 121–132.

Ranila, R., Yunianta, T. N. H., & Prihatnani, E. (2023). Developing Android-Based Counting Game as Learning Media to Train Students' Creative Thinking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 599-614.

Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa antara guided inquiry dan problem posing. PLUSMINUS: Jurnal pendidikan matematika, 1(1), 33-46.

Rochim, A., & Herawati, T. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280.

Septikasari, R., Frasandy, R. N. (2012). Keterampilan 4C Abad 21 In Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2),112–122.

Siswono, T. Y. E. (2004). Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Mengajukan Masalah (Problem Posing). In Konferensi Nasional Matematika XII: Universitas Udayana: p 74–87.

Simbolon, A.K. (2020). Penggunaan Software Geogebra in Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri Di Smpn2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1106-1114.

Sofyan, D., & Madio, S. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93-104.

Student., B.E.D., Centre., A.M.U., M. (2018). Use Of Geogebra Mathematical Tool In Schools. Indian Journal of Applied Research, 8(5), 40-41.

Suratno, J., Waliyanti, I. K. (2023). The Integration of GeoGebra in Problem-Based Learning to Improve Students’ Problem -Solving Skills. IJRME, 1(1), 63–75.

Tanzimah (2019). Pemanfaatan Geogebra in Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. p 610–616.

Velichová, D. (2011). Interactive Maths with GeoGebra. iJET, 6(1), 31–35. https://doi.org/10.3991/ijet.v6iS1.1620

Zengin, Y., Furkan, H., & Kutluca, T. (2012). The effect of dynamic mathematics software geogebra on student achievement in teaching of trigonometry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, (2011), 183–187. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.038

Zetriuslita, Nofriyandi, Istikomah, E. (2021). The Increasing Self-Efficacy and Self-Regulated through GeoGebra Based Teaching reviewed from Initial Mathematical Ability (IMA) Level. International Journal of Instruction, 14(1), 587–598.

Zikri, M. S., & Wahid, S. (2020). The Effect of Use of Geogebra Media on Student Learning Result in Trigonometry Function Material in Class X Senior High School 8 Cirebon. International Journal of Education and Humanities (IJEH), 1(2), 101–112.

Zubaidah, R., Pasaribu, R. L., Mirza, A., & Afriansyah, E. A. (2023). Students’ Scientific Attitudes and Creative Thinking Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 315-326.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Puspitasari, N., Sofyan, D., Handriani, R. T. S., & Maharani, R. P. (2023). Improving Junior High School Students’ Ability to Ask Mathematical Problems through the Use of Geogebra-Based Learning Media. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 937–946. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1203

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.