Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mendapatkan Metode Kumon Dan Metode Konvensional

Authors

  • Nolis Widiawati STKIP Garut
  • Deddy Sofyan STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i2.276

Keywords:

prestasi belajar matematika, metode kumon, metode konvensional

Abstract

This research used two models of learning, they were Kumon and Conventional. The purpose of this study was to determine whether the Kumon learning method is better than conventional learning methods on students' mathematics achievement in learning material cube and bar. Based on the results of the pretest data processing, obtained the conclusion there is no difference between the students' mathematical ability early experimental class one and class two experiments. Then learning in both the classroom was, until finally done posttest to determine differences in student mathematics achievement. Based on the posttest data processing, obtained the conclusion that the mathematics achievement of students who get Kumon learning method is better than the students who received conventional teaching methods.

Penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran Kumon dan Konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Kumon lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pembelajaran Kubus dan Balok. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest, didapat kesimpulan tidak terdapat perbedaan kemampuan awal matematik siswa antara kelas eksperimen satu dan kelas eksperimen dua. Kemudian pembelajaran di kedua kelas tersebut dilakukan, sampai akhirnya dilakukan postest. Berdasarkan pengolahan data postest, didapat kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan metode pembelajaran Kumon lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat metode pembelajaran Konvensional.

References

Dimyati, dkk. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Eliyanti, MS. (2012). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Murder dengan yang Mendapatkan Model Pembelajaran Konvensional. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Fitriyani, S. (2010). Perbedaan Prestasi Belajar dalam Matematika antara yang Pembelajaran Menggunakan Metode Accelerated Learning dengan Konvensional. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Gunawan. (2011). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Antara yang Mendapatkan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Konvensional. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Hengkiriawan. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Ahli, [Online]. Tersedia : http://hengkiriawan.blogspot.com/2012/03/pengertian-prestasi-belajar.html [14 November 2012]

Heriyanto. (2009). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa antara yang mendapatkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Konvensional. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Maftukhi, A. Metode Pembelajaran Kumon, [Online]. Tersedia : http://muv-tukhi.blogspot.com/2011/02/metode-pembelajaran-kumon.html. [24 Desember 2012]

Mengembangkan Potensi Anak dengan Metode Kumon, diakses dari http://groups.yahoo.com/group/sd-islam/message/531: 25 November 2012.

Orbyt, Y. Metode Kumon, [Online]. Tersedia : http://yusrin-orbyt.blogspot.com/2012/04/metode-kumon.html. [24 Desember 2012]

Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli. [Online]. Tersedia : http://juprimalino.blogspot.com/2012/01/pengertian-mengajar-menurut-para-ahli.html. [04 Januari 2013]

Rahadi, M. (2006). Diktat Kuliah Statistika Parametrik. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Rahadi, M. (2011). Diktat Kuliah Penelitian Pendidikan Matematika. STKIP Garut: Tidak diterbitkan

Ramadhani, HS. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Model Hibrid di SMA Negeri 11 Garut. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Roestiyah, (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rosadi, I. (2010). Penggunaan Metode Kumon untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa terhadap Konsep Perkalian. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Rusefendi, E. T., (1991) Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pendidikan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung

Tarsito. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya . Bandung : Transito.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, AA. Model Pembelajaran Konvensional. [Online]. Tersedia: http://alitadisanjaya.blogspot.com/2011/07/model-pembelajaran-konvensional.html. [04 Januari 2013]

Suciati. (2012). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Learning Revolution dengan Konvensional. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sundayana, R.(2010). Komputasi Data Statistik (pengelolaan dan analisis data hasil penelitian dengan MS. Excel dan SPSS). Garut : STKIP Garut Press.

Sundayana, R.(2010). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut : STKIP Garut Press.

Tanjung, J. Metode Pembelajaran Kumon [Online]. Tersedia: http://jenandilkm-lovebunda.blogspot.com/2012/05/metode-pembelajaran-kumon.html [25 November 2012]

Tirtarahardja, Umar, dkk. (2005). Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Zulfaqor, Dikdik. (2012). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming dengan Model Pembelajaran Konvensional. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2013-05-30

How to Cite

Widiawati, N., & Sofyan, D. (2013). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mendapatkan Metode Kumon Dan Metode Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 99–100. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i2.276

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.