Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL

Authors

  • Ranti Santika Dewi IPI Garut
  • Rostina Sundayana IPI Garut
  • Reni Nuraeni IPI Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.629

Keywords:

Komunikasi Matematis, Discovery Learning, Problem Based Learning, Self Confidence

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan Self Confidence siswa berpengaruh terhadap prestasi dalam pembelajaran matematika. Perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan Self Confidence siswa salah satunya dengan menggunakan model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self Confidence antara siswa yang mendapatkan model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Garut. Sampel pada penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 35 siswa yang mendapat model Discovery Learning dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 33 siswa yang mendapat model Problem Based Learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian dan angket skala Bandura. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapatkan model Discovery Learning dan Problem Based Learning serta terdapat perbedaan peningkatan Self Confidence antara siswa yang mendapatkan model Discovery Learning dan Problem Based Learning.

References

Afriansyah, E. A. (2013). Penjumlahan Bilangan Desimal Melalui Permainan Roda Desimal. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 233-240).

Andini, A., Mulyani, N., Wijaya, T.T., & Supriyati, D.N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa Menggunakan Pendekatan PBL Berbantuan Geogebra. Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, 5(1), 82-93.

Arends, R. I. (2009). Learning to Teach (9 th ed.). New York, NY: McGraw Hill Companies, Inc.

Asmara, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Eliciting Activities dan Discovery Learning. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 78-87.

Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30-39.

Dewi, S. V. (2013). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Peningkatan Kemampuan Analisis Sintesis Matematis Siswa SMK. Bandung: UPI. Tersedia: http://respository,upi.edu.

Ghufron, N. dkk. (2011). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics and Sience Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Hannula, M. S., Hanna, M. & Erkki, P. (2004). Development of Understanding and Self-Confidence in Mathematics; Grades 5-8. Procedings of the 28th Conference of the International group for the Psychology of Mathematics Education, 3, 17-24.

Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Hudoyo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Izzati, N. (2010). Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 27 November 2010. FMIPA UNY. [Online].

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Noviyana, I. N., Dewi, N. R. & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sari, L. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. [Online]. Tersedia: https://digiblib.unila.ac.id.

Savin, M., Baden & Major, C.H. (2004). Foundation of Problem Based Learning. Maidenhead: Open University Press/SRHE.

Sofyan, D., & Madio, S. S. (2017). Meningkatkan KEmampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93-104.

Suherman, E. dkk. (2003). Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA FMIPA UPI.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 463–474. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.629

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.