Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Teorema Pythagoras

Authors

  • Juraima Fitri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Dewi Yuliana Fitri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Lucky Heriyanti Jufri Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1115

Keywords:

LKPD, RME, Teorema Pythagoras, Pythagorean Theorem

Abstract

Bahan ajar yang tersedia belum mampu membuat siswa untuk berpikir aktif, terutama pada materi Teorema Pythagoras. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Realistic Mathematic Education (RME) yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan Plomp. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket praktikalitas, dan pedoman wawancara. Uji kepraktisan melibatkan 6 orang siswa kelas VIII di salah satu SMP di Padang. Berdasarkan hasil penilaian validator diperoleh persentase penilaian akhir kevalidan 85% (sangat valid). Nilai akhir uji coba kepraktisan dengan guru dan siswa diperoleh persentase 88,1% (sangat praktis). Disimpulkan bahwa LKPD berbasis Realistic Mathematics Education pada materi Teorema Pythagoras sudah layak digunakan.

The available teaching materials have not been able to make students think actively, especially in the Pythagorean Theorem material. The research aims to produce a valid and practical Realistic Mathematics Education (RME)-based LKPD. The type of research used is Research and Development research concerning the Plomp development model. The instruments used were validation sheets, practicality questionnaires, and interview guidelines. The practical test involved 6 grade VIII students of one of the SMP in Padang. Based on the results of the validator's assessment, the percentage of the final validity assessment was 85% (very valid). The final value of practicality trials with teachers and students obtained a percentage of 88.1% (very practical). It was concluded that the LKPD based on Realistic Mathematics Education on the Pythagorean Theorem material was appropriate to use.

References

Afriansyah, E. A. (2021). Realistic Mathematics Education Berbasis Emergent Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Curiosity Mahasiswa Calon Guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62-65.

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Iskandar Muda Batam. Jurnal Elektronik Pythagoras, 6(2), 175-186.

Azhar, A. (2008). Media pembelajaran; Edisi revisi. In Repositori Riset Kesehatan Nasional.

Asmaranti, W., & Pratama, G. S. (2013). Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 639–646.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72.

Edo, S. I. (2016). Jenis kekeliruan akibat menghafal prosedur rutin dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 223-232.

Fang, S. C. (2021). Towards scientific inquiry in secondary earth science classrooms: Opportunities and realities. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(4), 771-792.

Hadila, R., Sukirwan, & Alamsyah, T. P. (2020). Desain Pembelajaran Bangun Datar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–63.

Halimah, N., Rodiyana, R., & Cahyaningsih, U. (2019, October). Pentingnya Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dalam Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 577-584).

Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Kristen Tomohon. Jurnal Mosharafa, 7(2), 307-314.

Majid, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar melalui Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Model Ekspositori pada Siswa Kelas V SDN 2 Darmaji Kec. Kopang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 41-50.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502.

Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Dalam T. Plomp & N. Nleveen (Penyunting), Educational design research. Enschede: SLO Netherlands institute for curriculum development.

Pratiwi, S. A., & Widjajanti, D. B. (2020, August). The contextual problem in mathematical problem solving: Core ability in realistic mathematics education. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1613, No. 1, p. 012018). IOP Publishing.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV.

Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 1(9), 217–225.

Zulainy, F., Rusdi, R., & Marzal, J. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Realistic Mathematic Berbasiss Education untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 812–828.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Fitri, J., Fitri, D. Y., & Jufri, L. H. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Teorema Pythagoras. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 405–416. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1115

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)